Dampak Tidak Berfungsi Aliran Kali Jemblongan, peternak Ikan Tiarap



BOGOR, - Aliran air kali Jemblongan sekian Tahun tidak berfungsi berdampak kepada warga setempat yang bermayoritas kepada peternak ikan dan Tani, kini disesalkan oleh warga Kampung Curug RT 04/05 Desa Curug Kecamatan Gunung Sindur Kabupaten Bogor. Pasal nya aliran air tersebut sudah mengering tidak ada lagi air yang mengaairi lahan peternak yang disebabkan jebol nya Tanggul di sekitaran Pintu Air bendungan Mas Yono.

Menurut penjaga pintu air Nasrul mengatakan, sebelum nya aliran air irigasi kali Jemblongan lancar dan banyak warga yang meanfaatkan air tersebut untuk ternak ikan. Nah..sudah 2 Tahun ini lama nya air kering yang di sebabkan jebol nya tanggul.

"Aliran air dari Bogor yang mengarah ke kali jemblongan lalu mengalir ke Tangerang sudah tidak berfungsi, dan berdampak warga peternak ikan menjadi hilang penghasilan.

Memang mayoritas warga setempat adalah ternak ikan bawal, dan warga setempat tidak bisa lagi ternak yang disebabkan sudah tidak berfungsi nya aliran irigasi kali jemblongan tersebut. "Kata Nasrul kepada wartawan, Kamis (25/2/2020).

Dia juga berharap aliran air bisa berfungsi lagi dan saya serta warga yang lain bisa kembali ternak atau memelihara ikan lagi, "Ujar nya.

Sementara itu di tempat yang sama Frans pemilik lahan ternak ikan menambahkan, Kalau saja air bisa dapat mengalir itu sangat bermanfaat banget, bahkan petani atau peternak bisa kembali di manfaatkan seperti semula.

"Memang dari dulu irigasi kali Jemblongan Jalur hidup, di samping itu juga air yang mengalir bisa mengaari seperti biasa nya. Kepada pihak terkait khususnya Pemerintah Kabupaten Bogor agar bisa di aktifkan kembali dan di mana ada tanggul-tanggul yang jebol bisa diperbaiki kembali, agar petani dan peternak ikan bisa untuk memanfaatkan aliran kali Jemblogan tersebut, "pungkasnya.


Reporter : Man 
Previous Post Next Post

Contact Form