Bupati bersama Wakil Bupati Subang Pimpin Brifing Staf Bahas Tora dan Progres Akselerasi Vaksinasi




SUBANG ,-Bupati Subang H. Ruhimat dan Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi memimpin secara langsung briefing staff dengan Seluruh Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian di lingkungan Setda Subang serta secara virtual dengan seluruh Camat se Kabupaten Subang di Aula pendopo Abdul wahyan, Senin (18/10/2021)

Briefing staff yang moderatori oleh Asda 1 H. Rahmat Effendi tersebut membahas beberapa hal diantaranya tentang Tanah Objek Reforma Agraria di Kabupaten Subang dan progress Akselerasi Vaksinsasi dalam Sepekan di Kabupaten Subang.

Sekda Subang H. Asep Nuroni S.Sos, M.Si memaparkan." Terdapat lahan PTPN VIII di Kabupaten Subang yang telah habis masa berlaku HGUnya pada tahun 2002 seluas kurang lebih 12.598 Hektar yang tersebar di 8 wilayah diantaranya Cisampih, Jalupang, Cijengkol, Kasomalang, Cipunagara, Wanareja, Sumurbarang dan Nagrak. Terkait lahan Perhutani terdapat berada di kawasan hutan yang telah menjadi kawasan pemukiman masyarakat di 12 desa diantaranya Desa Buniara Kecamatan Tanjungsiang, desa Cimanggu Kecamatan Cisalak, Desa Cibitung dan Palasari Kecamatan Ciater, Desa Cimenteng, Cikadu, Cirangkong, Bantarsari dan Sukahurip Kecamatan Cijambe, Desa Muara, Cilamayagirang Kecamatan Blanakan serta Desa Anggasari Kecamatan Sukasari.
Salah satu TORA yaitu Tanah timbul yang tersebar di 2 Kecamatan yaitu Kecamatan Blanakan: Desa Muara, Desa Langensari, Desa Blanakan, Desa Jayamukti, Desa Rawameneng serta Di Kecamatan Pusakanagara terdapat di Desa Patimban." Ujarnya.

Lanjut Sekda menambahkan." Prioritas Peruntukan TORA yaitu keluarga kurang mampu dengan kriteria belum memiliki pekerjaan/berpenghasilan rendah, belum memiliki tempat tinggal, masih menempati rumah yang dihuni lebih dari 1 keluarga. Selain itu prioritas diberikan kepada penggarap lahan dan fasilitas sosial dan fasilitas umum." Tambahnya.

Kepala Dinas Kesehatan Subang Dr. Maxi mengatakan." Terkait akselerasi vaksinasi menuju level 2 kewaspadaan Covid-19 di Kabupaten Subang per tanggal 17 Oktober 2021 yaitu Cakupan saat ini 599.017 warga (46,61%) untuk mencapai 50% Target vaksinasi kepada 43.583 warga. Adapun vaksinasi Lansia dosis 1 cakupan 29.274 (20,88%) untuk mencapai 40% sasaran dan target kedepan dilakukan vaksinasi kepada 26.901 orang lansia." Kata Dr.Maxi.

"Salah satu kendala nonteknis terkait akselerasi vaksinasi adalah terhambatnya input data yang cepat sehingga progress aktual yang terjadi dilapangan tidak sesuai dengan laporan yang diterima pusat." Ungkap Dr.Maxi.

" Saya juga berharap agar seluruh pihak terkait dapat membantu memberikan solusi untuk permasalahan tersebut." Harap Dr.Maxi.

Sementara menurut Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi,upaya yang telah dilakukan seluruh pihak terkait akselerasi vaksinasi luar biasa bahkan diikuti secara antusias oleh masyarakat. Dirinya berharap agar semangat tersebut tetap dipertahankan agar Subang segera lepas dari pandemi Covid 19. Tentang vaksinasi untuk para lansia dirinya menghimbau agar intensitas penjemputan para lansia agar ditingkatkan untuk mempercepat progress vaksinasi kepada para lansia.

"Persoalan ada dilansia untuk itu intensitas penjemputan harus ditingkatkan lakukan secara door to door." Ujar Wabub.

Wabub juga menegaskan bahwa hal-hal yang menjadi hambatan dan ganjalan terkait vaksinasi dan penanganan Covid 19 agar segera diatasi baik dicarikan solusi maupun inovasinya. Adapun terkait input data dirinya menginstruksikan pihak terkait untuk segera mengatasinya sehingga pengolahan data lebih cepat terdistribusi ke pusat secara akurat.

"Kepada dinas dan instansi terkait silahkan ambil langkah agar mendapatkan solusi terbaik." Tegas Wabub. ( Sunardi )

Editor: Redaksi


Previous Post Next Post

Contact Form