Warga Desa Sidamulya Ikuti prosesi Ruwat Sedekah Bumi



SUBANG ,-Tradisi hajat bumi yang dilakukan di Desa Sidamulya merupakan aktivitas masyarakat dalam kehidupan baik aktivitas tradisi maupun ke religian, pencampuran adat budaya masyarakat setempat dengan agama Islam sangat baik.

Ratusan masyarakat Desa Sidamulya,Kecamatan Cipunagara,Kabupten Subang, berkumpul di Lapangan Putsal Desa
setempat, Senin (18/10).
Mereka merupakan warga Desa setempat yang mengikuti prosesi Ruwat Sedekah Bumi.

Pada acara ruwatan bumi tersebut juga dilakukan hajat sedekahan bumi sebagai ucapan terimakasih kepada Allah SWT, karena warga Desa Sidamulya telah diberikan anugerah yang luar biasa, diberikan tanah yang subur,diberikan hasil bumi yang melimpah.

Acara tersebut juga dilanjutkan dengan arak-arakan keliling kampung dengan menggunakan puluhan traktor

Hadir pada acara tersebut Kepala Desa Sidamulya,Stap Desa Sidamulya,Pendamping Desa,Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama,Tokoh Pemuda dan Masyarakat lainnya.


Kades Sidamulya Warto yang sering dipanggil Mang Wiro mengatakan." Saya sangat mengapresasi kegiatan Ruwatan Sedekah Bumi ini,karena kegiatan seperti ini dapat meningkatkan silaturahmi sekaligus merupakan kegiatan nguri-uri budaya atau melestarikan budaya lokal." Kata Mang Wiro.

"Kegiatan ruwat bumi juga sebagai bagian ucapan terimakasih kepada Allah SWT, karena warga desa Sidamulya telah diberikan anugerah yang luar biasa, diberikan tanah yang subur , diberikan hasil bumi yang melimpah.Mudah-mudahan dengan ruwat bumi ini semakin meningkatkan keimanan dan ketaqwaan masyarakat kepada Allah." Ujarnya.

Lanjutnya." Acara ini diikuti semua kalangan, budayawan,tokoh Mayarakat,tokoh agama hingga tokoh pemuda." Imbuhnya.

"Kami juga selain melakukan hajat sedekahan bumi,kami pun melakukan arak- arakan keliling kampung dengan memakai puluhan traktor."Pungkasnya.( Udin)

Editor: Redaksi

Previous Post Next Post

Contact Form