Silaturahmi Antara komunitas, Hiparu Korda Subang Selenggarakan Kontes Ketangkasan Anjing Pemburu



SUBANG,- Hiparu Korda Subang,menyelenggarakan kontes ketangkasan anjing pemburu 1 tahun 2021,yang bertempat di kampung Cipeuris Rt.11 / 04 Desa Sukahurip, Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang, Minggu (28/11/21)

Acar ketangkasan tersebut di ikuti beberapa wilayah di Jawa Barat yaitu dari Kabupaten Indramayu,Kabupaten Majalengka,Kabupaten Tasikmalaya,Kabupaten Bandung, Kabupaten Sumedang, Kabupaten Kuningan,Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Subang sendiri sebagai tuan rumah.

Ketua Komunitas Hiparu Korda Subang Ganjar, Kepada awak media portal7.co.id mengatakan," Sebenarnya event-event seperti ini sudah sering dilakukan, namun baru disini saja event besar dan dalam kontes ini diikuti beberapa daerah seperti Indramayu, Majalengka, Bandung, Kuningan,Sumedang, Ciamis dan Subang, serta dalam event ini, kita hanya menguji ketangkasan para anjing pemburu saja." Katan Ganjar.

"Kegiatan ini adalah untuk menarik minat warga pemilik anjing pemburu dan
untuk mempererat tali silaturahmi antara komunitas, sementara di kegiatan ini Se-Jawa Barat ada 8 korda yakni kabupaten Tasik, Garut, Sumedang, Majalengka, Kuningan, Indramayu dan Ciamis." Ujar Ganjar.

Ganjar juga menjelaskan." Dalam kegiatan ini tidak terbatas jenis anjing pemburu seperti apa saja yang jelas kita uji ketangkasannya, kegiatan kontes anjing pemburu di Subang,sudah beberapa kali kita adakan,tapi event besar baru hari ini dilakukan di Desa Sukahurip,animo masyarakat juga keliatannya sangat antusias sekali.Jenis-jenis anjing ada fitbul, teril,ada juga tetil fitbul itu kawin silang ajing teril dan anjing fitbul." Jelas Ganjar.

" Keriteria pemenang anjing pemburu adalah kita mainnya perskon detik dari ketangkasan anjing yang tercepat mengigit atau yang menerkam babi itu yang dapat." Imbuh Ganjar.


Semarntara Kades Sukahurip Kecamatan Cijambe Deny Setiawan Permadhy mengatakan." Kegiatan event kejurda kontes ketangkasan anjing pemburu,hal ini adalah untuk melestarikan budaya yang hampir punah kegiatan ini di ikuti oleh beberapa Kabupaten,sementara Subang itu sebagai tuan rumah, diikuti Sumedang, Majalengka, Kuningan, Bandung, Indramayu, Ciamis, Kuningan, dan Kabupaten lain." Terang Deny.

" Kontes ketangkasan anjing pemburu yang di ikat oleh (HIPARU) ini merupakan budaya, sementara di Kabupaten Subang ini sudah hampir punah,sedangkan di Kabupaten lain masih terpelihara dengan baik, untuk itu kita mendorong permohonan dari karang taruna yang kebetulan mereka anggota komonitas (HIPARU) himpunan pelestarian anjing Pemburu yang ingin mengangkat budaya ini, agar budaya di Kabupaten Subang dilestarikan dan diharapkan kedepan ivent ini menjadi wisata dan tetap dijaga kelestarianya." Tutur Deny.

Lanjut Deny juga mengatakan." Tujuan kita adalah mengangkat seni budaya, selanjutnya keriteria anjing pemburu yang menjadi juara adalah jenis anjing yang tangkas, jadi hal ini ada kelasnya dan ini adalah jelas-jrlas kelas exsklusif yaitu perang bintang dan kelas umum kita melihat ketangkasan juga,namun untuk kelas umum kita melibatkan ajing-anjing masih tahap belajar." Kata Deny.

" Kita bukan menggenyampingkan kemanusiaan kita kepada hewan tapi sudah ada spesipikasinya dan hal ini sebagai edukasi karena babi ini dikatagorikan sebagai hama bagi para petani,Saya juga berharap kegiatan ini kita kemas serta di dorong sebagai edukasi wisata pelestarian budaya." pungkas Deny. (Sunardi)

Editor: Redaksi
Previous Post Next Post

Contact Form