Disdikbud Subang Gelar Seminar Nasional Penguatan Taman Bacaan Masyarakat




SUBANG,-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Subang,menggelar seminar Nasional penguatan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) dengan tema "Membumikan Literasi Menuju Subang Jawara " yang bertempat diaula SPNF SKB SNN Subang.Rabu (08/12).

Dalam acara seminar tersebut ada tiga narasumber diantaranya dari Kemendikbud Dit.PMPK (Koordinator Fungsi Keaksaraan) Dr.Cecep Suryana, MM, Duta Baca Indonesia Gol A Gong dan Ketua Forum TBM Provinsi Jabar Umi Aam Siti Aminah.

Kabid PAUD dan DIKMAS, Toto Suyanto melalui Kasi Keaksaraan dan Kesetaraan, Sutanto mengatakan." Berdasrkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81 Tahun 2013 tentang Pendirian Satuan Pendidikan Nonformal, pasal 1, angka 8 menyatakan bahwa Program Pendidikan Nonformal adalah layanan pendidikan yang diselenggarakan untuk memberdayakan masyarakat melalui pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak usia dini." Katanya.

" Taman Bacaan Masyarakat (TBM) merupakan lembaga yang menyelenggarakan pengembangan budaya baca dan minat baca masyarakat, dengan menyediakan fasilitas bahan bacaan kepada masyarakat, dan juga berfungsi sebagai sumber informasi bagi masyarakat di sekitar TBM, selain itu TBM juga dapat berfungsi sebagai lembaga pengembangan masyarakat." Ungkapnya

Ia juga menjelaskan." Untuk itu kami selaku instusi pendidikan khususnya Seksi Keaksaraan dan Kesetaraan pada Bidang Pembinaan PAUD dan DIKMAS yang menaungi jenis layanan pendidikan non formal memiliki kewajiban memberikan pembinaan berupa Kegiatan Pengembangan kepada TBM, hal ini merupakan salah satu bentuk dedikasi kami terhadap berkembangnya kompetensi lembaga-lembaga pendidikan non formal." Lanjutnya.


" Kegiatan pembinaan ini dikemas melalui Seminar Literasi Nasional,"Membumikan Literasi Menuju Subang Jawara." melibatkan sebanyak 20 peserta pengelola TBM di Kabupaten Subang dengan mengundang 10 peserta tamu undangan diantaranya Bunda Literasi, Dinas Arsip Daerah dan Perpustakaan, Ketua penilik PAUD dan DIKMAS, Pengawas TK, Ketua organisasi-organisasi mitra layanan pendidikan formal maupun non formal. Adapun Narasumber kegiatan terdiri dari 3 Narasumber diantaranya dari Kemendikbud Dit. PMPK (Koordinator Fungsi Keaksaraan) Bapak Dr. Cecep Suryana, MM, Duta Baca Indonesia Gol A Gong dan Ketua Forum TBM Provinsi Jabar Umi Aam Siti Aminah." Jelasnya.

Ia juga menerangkan." Kegiatan ini dilaksanakan dengan segala keterbatasan penganggaran namun tidak mengurangi esensi kegiatan dapat dilaksanakan seoptimal mungkin dan tentunya harus ada tindak lanjut tidak hanya kegiatan pada hari ini." Terangnya.

" Selepas kegiatan seminar ini,Kami juga memberikan beberapa buku untuk menambah referensi pada TBM-TBM di Kabupaten Subang." Tuturnya.

Lanjutnya." Esensi dari kegiatan penguatan TBM ini yaitu silaturahmi para pegiat Literasi di Kabupaten Subang dan kedepannya mudah- mudahan Dinas lebih bersinergi dengan para pegiat literasi sehingga dapat memiliki data yang lebih komplek terkait TBM, diantaranya bukan hanya data TBM saja, melainkan buku apa saja yang dimiliki, kurikulumnya, traffic daily masyarakat yang mengunjungi TBM, bahkan berapa rupiah TBM dapat menghasilkan tambahan penghasilan bagi pengelolanya." Uacapnya.

" Saya juaga mengingatkan kembali bahwa TBM harus menjadi sumber belajar masyarakat (SUMBER INFORMASI),Kegiatan-kegiatan asimetris ini memang harus dilaksanakan dan mudah -mudahan dapat memantik para pegiat layanan pendidikan luar sekolah (TBM) agar termotivasi, terinspirasi dan bahan koreksi untuk menyelenggarakan kegiatan di masyarakat agar menjadi lebih baik. Selain itu para pegiat literasi lebih tenang bahwa ada kami (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan) untuk dapat dijadikan tempatnya bertukar pikiran dan ide-ide gagasan.Pyngkasnya.(Sunardi)

Editor: Din
Previous Post Next Post

Contact Form