H.Ruhimat Resmi di Lantik Menjadi Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kwarcab Kabupaten Subang



SUBANG,-Bupati Subang H. Ruhimat, dilantik sebagai Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Subang masa bakti 2021-2026 oleh Kakwarda Jawa Barat Hj. Atalia Praratya S.IP., M.IKom, di Puri Kitri Kwarcab Subang, Rabu (15/12/2021).

Acara yang diawali dengan persembahan tari Rampak Kendang oleh siswa SMK PGRI Subang dan berlangsung khidmat tersebut, Kakwarda Jawa Barat, Kak Atalia melantik Bupati Subang H.Ruhimat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Kwartir Cabang Kabupaten Subang, Wakil Bupati Subang menjadi Wakil Ketua Pengurus, Sekda Subang Menjadi Sekretaris Majelis Pemimpin Kwarcab Subang, serta Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Dandim, dan Ketua DPRD Subang dilantik sebagai Anggota Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Subang.

Selanjutnya,Bupati Subang H.Ruhimat membacakan ikrar Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Subang.

Setelah pelantikan Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Subang, dilakukan pelantikan Ketua dan Anggota Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Subang oleh Bupati Subang H.Ruhimat.

Usai dilantik oleh Bupati Subang, pembacaan ikrar pelantikan dibacakan oleh Ketua Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Subang masa bakti 2021-2026, Tatang Komara, dan dilanjutkan pembacaan ikrar oleh Ketua Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Subang masa bakti 2021-2026.

Ketua Majelis Pembimbing Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kabupaten Subang,Bupati Subang H.Ruhimat dalam sambutannya menghaturkan rasa terimakasih kepada Ketua Kwarda Jawa Barat Atalia Praratya beserta jajaran yang telah hadir secara pribadi dalam pengukuhan ini.

"Di tengah kesibukan yang luar biasa Kak Atalia dan andalan Kwarda Jawa Barat menyempatkan diri untuk hadir langsung pada acara ini." Ujarnya.

H.Ruhimat juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Ketua Kwarcab Subang Kak drs. Cecep Supriatin, M.Si. yang telah menyelenggarakan Musyawarah Cabang Gerakan Pramuka tahun 2021 September silam sebagai satu kewajiban organisasi dan memberikan kontribusi yang berarti bagi gerakan Pramuka di Kabupaten Subang.


H.Ruhimat juga memberikan selamat kepada Ketua Kwarcab Subang yang baru untuk periode 2021-2026 yaitu Kak Tatang Komara, S.Pd, M.Si. beserta jajaran yang telah dilantik dan dikukuhkan untuk memulai menjalankan tugas dan fungsinya.H.Ruhimat berharap pengurus Kwarcab Subang yang baru, dapat lebih meningkatkan aktivitasnya tumbuh dan berkembang, dalam mencetak kader-kader generasi muda yang cerdas dan berkarakter.

"Semoga pengurus yang baru dapat lebih meningkatkan aktivitas dalam mencetak kader generasi muda yang cerdas dan berkarakter." Harapnya.

H.Ruhimat juga mengungkapkan Gerakan Pramuka mempunyai peran besar dalam pembentukan kepribadian generasi muda, sehingga semua unsur harus bergerak bersama.

"Saya meminta semua unsur mulai dari Desa hingga tingkat Kabupaten untuk lebih aktif dalam gerakan Pramuka karena tanggung jawab mendidik generasi muda adalah tanggung jawab kita bersama." Ungkapnya.

H.Ruhimat berpesan agar para pengurus dan angota Pramuka di Kabupten Subang dapat mengaplikasikan kegiatan kepramukaan dalam kehidupan sehari-hari.H.Ruhimat juga mengamanatkan Gerakan Pramuka harus hadir di tengah masyarakat untuk ikut serta memutus mata rantai penyebaran covid-19, dengan melaksanakan protokol kesehatan dan kegiatan-kegiatan yang sifatnya kemanusiaan.

Menutup sambutannya,H.Ruhimat meminta para pengurus Pramuka untuk membantu pemerintah mensosialisasikan program vaksinasi di tengah masyarakat.

Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat, Kak Atalia dalam kesempatan tersebut menyatakan rasa bangga bisa hadir di Subang dengan disambut Tari Rampak Kendang.

“Subang selain terkenal dengan kuliner dan nanasnya, ternyata memiliki budaya luhur yang masih dijunjung tinggi. Hal ini tidak akan terwujud tanpa sumber daya manusia yang mumpuni.” Katanya.

Terkait acara pelantikan tersebut, Kak Atalia merasa bangga karena pengurus Kwarda banyak yang hadir dan mengucapkan selamat kepada pengurus yang baru saja dilantik serta mengingatkan menjadi pengurus Pramuka adalah sebuah pengabdian dan berharap pengurus yang baru dapat memberikan kontribusi bagi Gerakan Pramuka, khususnya di Kabupaten Subang.

Kak Atalia menambahkan Gerakan Pramuka sangat penting sebagai pondasi karakter generasi muda sehingga pengurus yang baru dituntut untuk dapat menarik generasi muda agar mengikuti dan bergabung dengan Gerakan Pramuka.

"Pramuka memegang peranan penting untuk menbentuk karakter generasi muda, terlebih di tengah pandemi, globalisasi, dan era digitalisasi. Pramuka dapat dijadikan sebagai pondasi karakter anak bangsa dalam menghadapi itu semua.” Tambahnya.

Menutup sambutannya, Kak Atalia menuturkan bahwa menjadi anggota Pramuka harus selalu adaptif dan kreatif agar tetap dapat bertumbuh dan berkembang di tengah tantangan yang menghadang.(Sunardi)

Editor: Din


Previous Post Next Post

Contact Form