PENYULUH KB JADI BUPATI



PENYULUH KB JADI BUPATI, SEJARAH KANG JIMAT SAAT REUNI KELUARGA BESAR CIBITUNG TEMPO DOELOE

Subang CyberNasa : Bupati Subang H. Ruhimat didampingi Istri Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat melaksanakan silaturahmi sekaligus halal bihalal dengan Keluarga Besar Cibitung Tempo Doeloe, bertempat di Kediaman Pribadi. Serangpanjang. Minggu, 12 Juni 2022.

Ketua Panitia Peltu. Purn. H. Yaman dalam laporannya menyampaikan bahwa Rombongan yang hadir berjumlah 125 orang. Dirinya juga mengucapkan terima kasih kepada keluarga besar Cibitung Tempo Doeloe yang telah berkenan hadir ke acara tersebut.


H. Yaman juga menceritakan berdirinya Cibitung Tempo Doeloe dimana sejarahnya berawal dari ngumpul bareng sesama pensiunan dan diberi nama Forum Ngopi Bareng. Dari forum tersebut ada wacana untuk berkunjung ke beberapa tokoh, dan kembali berubah nama menjadi Cibitung Lama. Akhirnya, pada 13 Februari 2022, saat Kang Jimat kembali ke Cibitung, nama Cibitung Tempo Doeloe resmi ditetapkan.

Menutup laporannya, H. Yaman juga mengajak seluruh hadirin untuk berdoa bersama untuk anggota keluarga besar Cibitung yang telah meninggal dunia.

Sementara itu, Kang Jimat dalam sambutannya menghaturkan terima kasih dan mengucapkan selamat datang di kediaman pribadinya yang merupakan tanah kelahirannya. Kang Jimat juga menceritakan kisah hidupnya, dimana pada Tahun 1980an dirinya merantau ke Bekasi dan pada tahun 1990an ke Cibitung.

Kang Jimat juga menceritakan bahwa pada tahun 1990an, dirinya merupakan seorang Petugas Keluarga Berencana Desa di Cibitung. 

Kang Jimat juga menyampaikan Subang yang Demografisnya sangat beragam, seperti adanya pegunungan di selatan, dan pantai di Utara. Dirinya juga menyampaikan Subang yang menjadi Lumbung padi no 4 se-Indonesia. "Selamat datang di Subang, silahkan nikmati keindahan alam Subang."

Kang Jimat pun memohon doa kepada keluarga besar Cibitung Tempo Doeloe untuk dirinya sehingga dapat menjalankan tugas dengan baik.
"Mohon doa dari kesepuhan yang ada, mudah mudahan saya bisa menjalankan tugas dengan amanah, harapan saya bisa mencukupi apa yang diinginkan rakyat subang."

Kang Jimat pun mengajak keluarga besar Cibitung Tempo Doeloe untuk berinvestasi di Kabupaten Subang, terlebih dengan adanya Pelabuhan Patimban. 

Menutup sambutan, Kang Jimat menyanyikan sebuah lagu "Semalam di Cibitung".

Tokoh Cibitung Tempo Doeloe Engkong H.Ichsan Said yang juga seorang mantan Sekretaris Daerah Kota Bekasi menyampaikan kekaguman kepada Kang Jimat yang saat ini telah menjadi Bupati. 

H. Ichsan juga menceritakan bahwa dirinya dulu mendengar kabar bahwa Kang Jimat akan menyalonkan diri menjadi Bupati. Dirinya sempat tidak percaya karena Kang Jimat yang sebelumnya hanya seorang Penyuluh KB, namun ternyata berhasil menjadi Bupati Subang.

H. Ichsan juga mengagumi kegigihan Kang Jimat, dimana sebelumnya dirinya membandingkan APBD Subang dengan Bekasi yang berbeda 3 Kali lipat. Namun, meskipun dalam kekurangan serta adanya covid19, Kang Jimat tetap mampu membangun jalan di Kabupaten Subang. "Dalam kondisi covid saja, dia bisa membangun jalan, bayangkan saja, membangun jalan lingkar cagak, lingkar kota, serangpanjang-cipendeuy, sekarang dia lagi menyusun perbatasan bekasi menuju Indramayu, beliau merupakan seorang visioner."

Selain itu, dirinya juga menjelaskan arti dari nama Kang Jimat. "Jadi Ruhimat itu artinya Peduli sesama, Dermawan, Tidak mementingkan diri sendiri, artinya banyak memberi, Patuh terhadap kewajiban juga Kreatif."

Selain itu, H. Ichsan juga menceritakan bahwa Kang Jimat merupakan sosok yang dekat dengan semua orang, baik dengan pimpinan maupun dengan rekan, "beliau bisa menempatkan diri, itulah mengapa teman teman mereka datang, karena kepribadian beliau itu dulu teman, sekarang saudara."

Acara ditutup dengan doa bersama dan ramah tamah Kang Jimat bersama Keluarga Besar Cibitung Tempo Doeloe.***Asep Nasa / Deden. S
Previous Post Next Post

Contact Form