Kang Jimat Ikuti Upacara Hut Hari Jadi Jawa Barat Ke-77




SUBANG CyberNasa - Bupati Subang, H. Ruhimat, hadir dalam upacara Peringatan Hari Jadi Provinsi Jawa Barat ke-77, di Gasibu Gedung Sate Bandung, Jumat (19/08/2022).

Peserta upacara pada Hari Jadi Provinsi Jawa Barat ke-77 tersebut adalah kepala Perangkat Dinas (PD) dan pejabat eselon dari setiap Kabupaten/ Kota se-Provinsi Jawa Barat.


Dalam acara tersebut, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyerahkan penghargaan kepada berbagai pihak dalam berbagai bidang, salah satu penerima penghargaan tersebut adalah Desa Balingbing Kecamatan Pagaden Barat yang menyabet Juara 1 Posyantek Berprestasi.

Dalam amanatnya, Gubernur Jawa Barat yang akrab disapa Kang Emil menyampaikan jika upacara kali ini merupakan momen bersejarah bagi Provinsi Jawa Barat.
"Peringatan hari jadi merupakan momen bersejarah bagi Provinsi Jawa Barat setelah 3 tahun berjuang dan mampu pulih dari Pandemi Covid-19."

Kang Emil menambahkan, Tahun 2022 adalah tahun bersejarah bagi Indonesia atas terpilihnya Indonesia menjadi tuan rumah gelaran G20.
"Tahun 2022 ini Indonesia dipercaya menjadi tuan rumah G20 dengan Jawa Barat menjadi poros sekaligus membuktikan Jabar selalu kompak dan bersinergi dengan seluruh aspek untuk mendukung Jabar yang lebih baik."


Terkait kondisi transisi Pandemi, Kang Emil menekankan kerja seluruh pihak sangat diperlukan dalam mewujudkan Jabar Juara.
"Ini adalah momentum masa transisi pandemi ke endemi dan pengingat apa yang telah, sedang, dan akan kita lakukan untuk mewujudkan Jabar Juara Lahir Batin."

Melanjutkan amanatnya, Kang Emil menyampaikan prestasi yang diraih oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat meskipun dalam masa Pandemi Covid-19.
"Dengan jumlah warga mencapai 50 juta jiwa, Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah mengantisipasi dengan berbagi cara yang adaptif dan inovatif di usianya ke 77. Terbukti dengan IPM Jawa Barat yang mencapai 72,45%, penduduk miskin 7,97% menurun 0,46% dari tahun sebelumnya, pengangguran terbuka 9,82% menurun 0,64 dari tahun sebelumnya."



Selain prestasi dalam bidang sosial, Kang Emil juga menyampaikan prestasi Jawa Barat terkait pertumbuhan ekonomi.
"Pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat 3,74%, Perekonomian naik 5,58% lebih tinggi dari nasional, Jawa Barat juga merupakan tempat investasi terbaik Indonesia, sekaligus sebagai Provinsi pengekspor terbesar nasional sebesar 13,67% dari total ekspor nasional."

Kang Emil menambahkan, pembangunan Infrastruktur di Jawa Barat juga sedang dikebut, termasuk pengentasan desa tertinggal di Jawa Barat.
"Menyelaraskan pembangunan di desa dan kota dengan kolaborasi dan saling mengisi dengan program desa digital yang membantu memaksimalkan potensi desa. Dulu tahun 2018 terdapat 1000an desa tertinggal, saat ini 0 desa tertinggal atau tidak ada lagi status desa tertinggal di Provinsi Jawa Barat. Selain itu saat ini tengah dibangun Infrastruktur yaitu 9 jalan tol baru, 2 Bendungan Ciawi dan Sukamahi, dan Insyaallah Masjid Al Jabar akan selesai tahun ini."

Terakhir, Kang Emil menyampaikan prestasi Jawa Barat dalam bidanh reformasi birokrasi terkait penyederhanaan birokrasi dan mengajak seluruh elemen untuk bahu-membahu membangun Provinsi Jawa Barat.
"Dalam era teknologi informasi Jabar menyederhanakan struktur organisasi pemerintahan demi efektivitas. Sebanyak 1.075 jabatan struktural telah disetarakan menjadi pejabat fungsional, sehingga pasa akhir 2021 Jabar terpilih sebagai Provinsi terinovatif dari Kemendagri. Saya mengajak untuk bersama-sama mari kita tingkatkan kebersamaan untuk selalu Juara."

Acara dilanjutkan dengan pengundian Nasabah Pilihan BJB oleh Gubernur Jawa Barat dan pemotongan 77 tumpeng oleh Gubernur Jawa Barat didampingi Wakil Gubernur Jawa Barat bersama seluruh pejabat Pemerintah Provinsi Jawa Barat serta para Bupati/ Walikota se-Provinsi Jawa Barat yang hadir.

Hadir dalam Upacara Hari Jadi Provinsi Jawa Barat ke-77 Jajaran Pejabat Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Bupati/ Walikota se-Provinsi Jawa Barat, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya.***Asep Nasa YH - Deden. S
Previous Post Next Post

Contact Form