Kang Akur Apresiasi Rencana Kegiatan Gober Suci Pegiat Lingkungan

Subang CyberNasa - Wakil Bupati subang Agus Masykur Rosyadi menerima tamu pegiat lingkungan, bertempat di Ruang Kerja Wakil Bupati Subang. Rabu (28/09/2022)
Sungai menjadi salah satu bagian penting bagi manusia yang tidak dapat dilepaskan dari aktivitas kehidupan sehari-hari. Tidak hanya itu Sungai menjadi instrumen atau lajur alami maupun buatan yang berasal dari mata air, kemudian aliran air sungai akan bertambah secara berangsur-angsur menyatu dengan banyak sungai lainnya.

Hadir dalam pertemuan tersebut, Heru Pakusujanto  Pemerhati Lingkungan dari Bandung mengungkapkan sungai Cileuleuy sangat penting bagi warga Subang. Oleh karena itu, perlu dijaga kelestariannya, sehingga harus ada upaya menghadirkan sebuah tindakan preventif dan kuratif untuk turut turun tangan menjaga kondisi lingkungan. 

Heru menyampaikan bahwa pengelolaan sungai cileuleuy harus disandingkan pula dengan adanya kawasan edukasi dalam hal rehabilitasi sungai. “kami berharap kedepan diarea sungai cileuleuy yang melintas di kampjng Cikawali, berdiri satu Kawasan Bebas Sampah” sampainya.

Tidak hanya itu upaya yang Heru lakukan sudah pada tahap edukasi warga dengan tindakan membentuk suatu kelompok pengelolaan sampah “kami sudah membentuk Bank Sampah Mekarsari di Kp. Cikawali kelurahan pasir kareumbi RW 19” tambahnya.

Juga dalam hal ini, Heru menyampaikan demi menerjemahkan keseriusan sikapnya dengan membentuk suatu kelompok yang benar-benar fokus dalam hal rehabilitas sungai yakni dengan membentuk Komunitas Peduli Sungai Cileuleuy yang memiliki tujuan untuk menghadirkan sebuah tindakan preventif dan kuratif untuk turut turun tangan menjaga kondisi sungai cileuleuy bebas sampah.

Dalam hal ini, Wakil Bupati Subang Agu Masykur Rosyadi, yang akrab disapa Kang Akur mengapresiasi upaya yang dilakukan oleh Komunitas Peduli Sungai Cileuleuy yang diinisiasi oleh pegiat lingkungan, demi terwujudnya kondisi sungai cileuleuy bersih dan tetap bermanfaat oleh masyarakat Subang.

Kang Akur beranggapan bahwa kolaborasi yang dibangun merupakan sikap penentu eksistensi sungai cileuleuy. “terimakasih atas upaya yang sudah dilakukan demi merawat sungai cileuleuy yang sudah melibatkan banyak unsur dan melahirkan berbagai kegiatan, termasuk kegiatan pengelolaan sampah dengan hadirnya Bank Sampah, dan Gober Suci (Gotong royong Sungai Cileuleuy) dan upaya membangkitkan pelaku UMKM di daerah Cikawali” sampainya.

Kang Akur pun menyampaikan terimakasih atas terbangunnya sikap gotong royong yang sudah melibatkan masyarakat setempat “insyaallah semua aspirasi ini kami akomodir” pungkasnya.***Deden. S
Previous Post Next Post

Contact Form