CV HIKMAH EHSAN Laksanakan Pembangunan TPT Drainase Sungai Utama Cimeuhmal



Subang CyberNasa - Kegiatan pembangunan TPT Drainase Sungai Utama Cimeuhmal Kecamatan Tanjungsiang APBD Tahun Anggaran 2022.pada saat ini sedang dalam proses pengerjaan oleh CV Hikmah Eshan pengerjaannya menurut para pegawai di lokasi yang sempat di jumpai awak media CyberNasa dimulai hari Sabtu 15/10/2022.

Lokasi pembangunan ini tepatnya di wilayah kampung Cimeuhmal desa Cimeuhmal kecamatan Tanjungsiang kabupaten Subang yang melewati pesawahan masyarakat, anggaran dari APBD Provinsi Tahun Anggaran 2022, bernilai Rp. 199.180.000 dengan waktu pelaksanaan 60 hari kalender.


Menurut keterangan Apep dari GIBAS Sektor Tanjungsiang yang berhasil memantau pelaksanaan pembangunan TPT ini menerangkan,"Pelaksanaan Pembangunan TPT Drainase Sungai Utama Cimeuhmal kecamatan Tanjungsiang berjalan lancar dan kondusif dikerjakan oleh CV EHSAN dan pekerjaan proyek ini di mulai sekitar 4 hari kebelakang."Ucapnya, Selasa 18/10/2022.

Lebih lanjut Apep dari GIBAS Tanjungsiang menerangkan tentang TPT, TPT adalah suatu bangunan yang berfungsi untuk menstabilkan kondisi tanah tertentu pada umumnya dipasang pada daerah tebing yang labil. 

Dengan pembangunan TPT ini berfungsi dan Jenis Konstruksi Penahan Tanah Fungsi utama dari konstruksi penahan tanah adalah menahan tanah yang berada dibelakangnya dari bahaya longsor akibat :
1. Benda-benda yang ada atas tanah (perkerasan & konstruksi jalan, jembatan, kendaraan, dll)
2. Berat tanah
3. Berat air (tanah)
Atau dengan kata lain merupakan pasangan batu yang dilekatkan dengan campuran semen, pasir dan air untuk melindungi tebing dari keruntuhan tanahnya.
Fungsi khusus yang dapat diberikan oleh pasangan batu adalah :
1. Pemanfaatan ruang dari suatu pembangunan jenis sarana dan prasarana lain
2. Pemeliharaan, penunjang umur dan bagian dari jenis sarana dan prasarana lain, misalnya :
a. Dinding saluran irigasi
b. Prasarana tepi jalan kondisi khusus
c. Dan lain-lain
3. Perlindungan tebing

Apep juga mengatakan, Drainase atau yang disebut juga dengan pengaturan adalah proses pembuangan air yang dilakukan baik secara alami maupun buatan dari permukaan atau bawah permukaan di suatu tempat.

Pembuangan ini dapat dilakukan dengan cara mengalirkan, menguras, membuang, atau mengalihkan air ke tempat-tempat tertentu. Irigasi dan drainase merupakan bagian penting dalam sistem penyediaan air di bidang pertanian.

Saluran drainase sering disebut sebagai drainase saja, sebab secara teknis memang hampir semua drainase berkaitan dengan pembuatan saluran.

Saluran drainase permukaan biasanya berupa parit, sedangkan untuk drainase bawah tanah disebut gorong-gorong, karena berada di bawah tanah.

Mudah-mudahan masyarakat desa Cimeuhmal semua bisa merasakan manfaat dari pembangunan ini, dan khusus nya untuk para petani di sekitar pembangunan tidak khawatir dengan keadaan tanah dan sawahnya."Papar Apep. 

Diakhir pembicaraan Apep berharap Pembangunan TPT di daerah Kami Khususnya Cimeuhmal yang dilaksanan oleh CV. HIKMAH EHSAN berjalan lancar dan sesuai dengan Juklak dan Juknis. "Pungkasnya.

Toto Toharudin Kades Cimeuhmal saat di konfirmasi terkait pembangunan TPT Sungai Utama Cimeuhmal yang pada saat ini sedang dikerjakan mengatakan," Pada saat ini saya belum ketemu sama pemborongnya juga,semoga dengan pembangunan ini, wilayah Kami ada peningkatan di bidang pertaniannya karena manfaatnya jelas untuk menampung air bah dari kampung Cimeuhmal terutama di musim penghujan."Tuturnya.***Asep Nasa YH

Previous Post Next Post

Contact Form