Kang Akur Siap Dukung Peningkatan Komoditas Jambu Air




Subang - Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi mengunjungi Rizky Farm yang mengembangkan komoditas jambu air, beralamat di Desa  Panyingkiran Kecamatan Purwadadi. Minggu (23/10/22).

Dede, Pemuda Petani Subang menyampaikan bahwa beliau bersama timnya sedang mengembangkan komoditas jambu air dengan berbagai varietas dengan luas kebun seluas 1 ha.
Dalam setahun, Rizki menyatakan bahwa Jambu mampu panen 4 kali sehingga sangat potensial untuk dikembangkan dan memiliki nilai jual tinggi.

Kades Panyingkiran, Heru menyampaikan bahwa selain jambu air, di desa Panyingkiran juga rencananya akan mengembangkan buah alpukat karena Purwadadi cocok untuk ditanami alpukat.
"Saya siap mendukung pengembangan jambu air dan alpukat, bahkan pemerintahan desa Panyingkiran akan dianggarkan bantuan dalam menunjang ketahanan pangan", imbuh Kades.

Kang Akur sapaan Agus Masykur menyambut baik kegigihan para pemuda petani Subang yang gigih dan minat dalam hal pertanian dengan mengembangkan jambu air di Desa Panyingkiran Kecamatan Purwadadi. Diharapkan kedepannya Desa Panyingkiran menjadikan pusat jambu air di Kabupaten Subang sehingga menjadi desa wisata.
"Saya siap mendukung dan mendorong para petani muda Subang yang terlatih dalam bidang pertanian dan perkebunan ini sehingga hasilnya bagus dan mampu diterima masyarakat dan pasar tradisional maupun pasar modern", imbuh Kang Akur.

Dalam menunjang komoditas jambu air ini perlu ada dukungan dari seluruh pihak dan bekerjasama dengan Bumdes dan perusahaan yang membidanginya.

Ada beberapa perusahaan pertanian yang melakukan kerjasama dengan petani dengan menyediakan bibit dan bimbingan bertani yang baik. Penanaman dan perawatan dilakukan petani sampai panen, setelah panen hasilnya dibeli perusahaan atau langsung dikelola oleh bumdes.
Kang Akur pun menyampaikan bahwa perlu adanya inovasi dalam pengemasan hasil panen dengan membuat kemasan yang menarik sehingga memiliki nilai jual yang tinggi.

Turut hadir pada kegiatan tersebut Camat Purwadadi Cucu Wahyu, Kapolsek, Danramil, para petani muda Subang.***Deden. S
Previous Post Next Post

Contact Form