Kang Akur Hadiri Peresmian Gedung Gerbang Desa & Lapak Berdesa



Subang - Wakil Bupati Subang Agus Masykur Rosyadi menghadiri peresmian Gedung Gerbang Desa dan Lapak Berdesa di Jalan Ir. Soekarno, Bandung, Senin (21/11/22).

Peresmian Gedung Gerbang Desa dan Lapak Berdesa oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat, Dicky Saromi beserta jajaran serta perwakilan dari APDESI dan PABPDSI.

Gubernur Jabar yang akrab disapa Kang Emil menyatakan rasa bangganya kepada desa karena dalam 4 tahun sudah nol desa berstrata Desa Tertinggal dan Desa Sangat Tertinggal di Jawa Barat. “Ini adalah kerja nyata bahwa Pemerintah Provinsi Jawa Barat peduli terhadap desa,” tegasnya.

Selain dari itu, Jawa Barat adalah satu-satunya provinsi yang memberikan anggaran untuk pemerintah desa dan memberikan mobil untuk desa-desa yang sudah berstatus mandiri.

Lebih lanjut Kang Emil menyatakan jika rumus untuk menjadikan desa sebagai desa yang sejahtera adalah harus akur, sehat, kuat dan menguasai ekonomi digital serta jangan ada stunting agar dapat terwujud sesuai dengan semangat untuk menuju “Tinggal Di Desa, Rezeki Kota, Bisnis Mendunia”.

Menurutnya, peningkatan kualitas hidup masyarakat desa penting digulirkan agar tidak ada lagi dikotomi masyarakat yang tinggal di kota dan desa. “Itu sebabnya, beragam program pembangunan, sebisanya selalu menyertakan pemberdayaan masyarakat desa. Program-program seperti desa wisata, patriot desa, hingga petani milenial, adalah upaya bersama,” tuturnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat, Dicky Saromi, menyatakan jika Gedung Gerbang Desa Juara merupakan ide dari Gubernur Jawa Barat untuk menyediakan tempat yang representatif dalam membangun desa khususnya Gerakan Membangun Desa (Gerbang Desa). 
“Membangun Jabar dari desa, adalah prioritas yang harus ditempuh. Karena Jabar Juara akan dapat diraih melalui desa yang juara,” ucap Dicky Saromi.

Wakil Bupati Subang yang akrab disapa Kang Akur berharap hadirnya Gedung Gerbang Desa dan Lapak Berdesa sebagai sarana para Apdesi berkumpul untuk bersinergi dan berkolaborasi untuk bersama-sama memetakan potensi desa dan membangun desa di seluruh Jawa Barat sehingga masyarakatnya menajdi sejahtera.
“Dengan hadirnya kebijakan dan program strategis ini diharapkan mampu meningkatkan pembangunan desa mendorong lahirnya desa juara di Jawa Barat.” Ungkap Kang Akur.

Acara berlanjut pada peresmian Gedung Gerbang Desa dengan prosesi gunting pita dan pemotongan tumpeng oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, di Jalan Braga Kota Bandung.

Turut hadir mendampingi Kang Akur diantaranya Burhanudin Kabid Pemberdayaan Usaha Masyarakat Dispemdes Subang beserta jajaran, Sekjen Apdesi sekaligus Kades Tanjungwangi, Kades Sukamandi Jaya, Kades Cimenteng dan Kades Cisaga.***Deden. S
Previous Post Next Post

Contact Form