Sekda Kabupaten Subang Hadiri Bimtek Kepala Sekretariat Pengawas Pemilu Kecamatan se-Kabupaten Subang



Subang - Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni S.Sos, M.Si menghadiri sekaligus membuka bimbingan teknis kepala sekretariat pengawas pemilu kecamatan se-Kabupaten Subang pada pemilu serentak tahun 2024. Bertempat di Lembah Gunung Kujang, 1 November 2022.

Tujuan dari bimtek kesekretariatan panwascam terdapat beberapa point tujuan yang diantaranya yakni :
- Memahami dalam hal penyusunan program dan anggaran dan mampu menyempurnakan program dan kegiatan yang telah disusun berdasarkan tahapan pemilu. 
- Kesekretariatan bisa meningkatkan efisiensi, efektivitas dan akuntabilitas dalam mewujudkan good governance terutama dalam pengelolaan administrasi kesekretariatan panwascam. 
- Panwascam harus bisa membangun komunikasi yang baik antara komisioner dan kesekretariatan panwascam, panwascam pula harus bisa membangun kepercayaan kepada komisioner sehingga kepala sekretariat beserta staff merasa jadi bagian dari suksesnya pemilu. 
- Serta memegang prinsip kepemimpinan yaitu kolektif dan kolegial dan harus memahami secara rinci tugas dan tanggung jawab sekretariat.

Kepala Bawaslu Kabupaten Subang, Drs. H. Parahutan Harahap menyampaikan setiap jajaran mempunyai fungsi, tugas dan perannya masing-masing dalam melakukan pengawasan, semuanya saling menguatkan demi terwujudnya Pemilihan yang berkualitas dan berintegritas. Panwascam harus selektif dalam merekrut jajaran Panwaslu Desa, integritas harus menjadi pedoman.
“Penyelenggara Pemilu adalah hubungan sinergitas dan harmoni antara sekretariat dengan komisioner. Harga diri lembaga ini kan tanggungjawab kita bersama, jadi bukan hanya komisioner” ujar Parahutan Harahap.

Sekda subang, Kang Asep Nuroni yang hadir sekaligus membuka bimtek ini menyampaikan bahwa dinamika pemilu 2024 nantinya tentu akan berbeda dengan pelaksanaan pemilu 5 tahun lalu, kesadaran masyarakat yang mulai tinggi, dan pesatnya teknologi informasi dan sebagainya, menjadi faktor-faktor yang harus kita sadari mempunyai dampak besar dalam penyelenggaraan pemilu nanti. Untuk itu semua harus benar-benar paham dengan berbagai dinamika dilapangan sehingga tidak akan ada pelanggaran dan kecurangan. Kepala kesekretariatan panwascam tugasnya lebih berat dalam hal pengelolaan keuangan, untuk itu kesuksesan pengawasan juga harus diiringi dengan kesuksesan mengelola keuangan negara.

“Semoga dengan adanya bimtek ini, bisa memberikan pemahaman tugas, kewenangan dan kewajiban dalam menjalankan koridor-koridor tugas sebagai kepala sekretariat panwascam. Terus tingkatkan sinergitas dan kolaboratif dalam mengawasi demi pemilu 2024 yang bermartabat, damai, aman, tertib dan demokratis.” tutur Kang Asep Nuroni.

Dalam acara ini, turut hadir Koordinator Sekretaris Bawaslu, koordinator divisi SDM organisasi pendidikan Bawaslu, perwakilan dari Kejaksaan Negeri Subang sebagai pemateri dan para peserta bimtek panwascam.***Deden. S
Previous Post Next Post

Contact Form