Galian C Ilegal Di Subang Dipolice Line 2 Eksavator Diamankan




Subang - Aktivitas pertambangan galian C di Desa Sumurbarang, Kecamatan Cibogo, Kabupaten Subang dihentikan polisi usai diketahui tak mengantongi izin atau ilegal. Dihentikannya tambang ilegal tersebut dilakukan aparat pada Rabu (8/2/2023). 

Pantauan  di lokasi pertambangan ilegal, polisi dari Polsek Cibogo sudah memasang garis polisi. Luas dari pertambangan yang dilakukan secara ilegal ini diperkirakan seluas 1 hektare. 

Kapolsek Cibogo Akp Ikin Sodikin mengatakan, petugas terpaksa menutup tambang ilegal setelah mendapatkan laporan dari warga yang merasa resah banyaknya alat berat yang sering melintasi jalur tersebut. 

"Kami lakukan penindakan terkait galian tambang ilegal yang tidak mematuhi atau aturan yang berlaku. Awalnya melalui kegiatan jumat curhat yang biasa kami lakukan kami menyerap aspirasi warga bahwa ada aktivitas pertambangan-pertambangan yang tidak sesuai dengan aturan," Ungkap nya

Tambah Ikin Setelah adanya laporan tersebut, Ikin menjelaskan pihaknya langsung melakukan pengecekan dan ternyata benar bahwa adanya aktivitas pertambangan yang tak memiliki izin di wilayah tersebut. Dari hasil penanganan sementara, aktivitas dari pertambangan ilegal sudah berjalan selama dua minggu. 

"Tindakan dari kita secara otomatis kita pasang police line dan kemudian menindak lanjuti proses sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku. Untuk pertambangan ilegal ini sudah berjalan dua minggu dan kami langsung melakukan penindakan setelah mengetahui laporan dari masyarakat," Tambah nya

Menurut Ikin, polisi kini masih terus mendalami adanya aktivitas pertambangan ilegal tersebut. Sementara saat ini pihaknya sudah mengamankan dua orang diduga pelaku berinisial S dan K yang merupakan pengelola. 

"Untuk pelaku sementara inisial S dan K masih kita dalami. Mereka yang diamankan sebagai pengelola pertambangan ilegal," katanya. 

Sementara itu, dari hasil pengungkapan ini polisi berhasil mengamankan barang bukti yakni tiga unit alat berat jenis escavator yang diduga kuat menjadi salah satu alat digunakan untuk pertambangan ilegal.

**Ferry**
Previous Post Next Post

Contact Form