Kang Jimat Resmikan Jalan Desa Cidadap Kecamatan Pagaden Barat





SUBANG - Bupati Subang, H. Ruhimat hadiri Peresmian Jalan Baru dan Pengendalian Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT)di Desa Cidadap Kecamatan Pagaden Barat, Kamis (09/02/2023).

Sebelum sampai ke tempat acara di ruas jalan yang diresmikan, Kang Jimat berjalan kaki untuk menyapa warga Desa Cidadap yang antusias oleh kedatangan Kang Jimat sekaligus meninjau jalan baru yang akan diresmikan. Acara diawali dengan peresmian jalan baru Desa Cidadap dengan simbolis pemotongan pita oleh Kang Jimat didampingi Dandim 0605 Subang dan Muspika Kecamatan Pagaden Barat.

Selanjutnya, Kang Jimat beserta jajaran melaksanakan peninjauan pelaksanaan OPT oleh BPTPH Wilayah 2 Subang dalam memerangi hama pengerek batang yang kerap merugikan petani di Kecamatan Pagaden Barat.Pelaksanaan pengendalian organisme pengganggu tumbuhan tersebut dilaksanan dengan menggunakan drone pestisida untuk kerja yang efektif dan efisien dengan hasil yang maksimal.

Dalam laporannya, Taswan Sucipto Kepala Desa Cidadap menyatakan warga Desa Cidadap sangat antusias bertemu dengan Kang Jimat karena menurut pengakuannya sejak Ia kecil jalan yang diresmikan oleh Kang Jimat baru kali ini menjadi jalan beton sehingga Taswan mewakili warga Desa Cidadap menyatakan rasa bahagianya.
"Warga yang hadir lengkap untuk bertemu Pak Bupati. Sejak saya kecil saya sudah lewat jalan sini. Berkat Pak Bupati dari tahun 70an sampai 2022 kakarak ayeuna jalan ieu alus. Berkat Pak Bupati. Hate abdi hayang ceurik inget kapungkur. Alhamdulillah hate bungah jeung bagja."

Taswan menambahkan Kang Jimat baginya adalah sosok Bupati yang seperti bapak sendiri dengan bukti banyaknya peogram pembangunan yang ada di Desa Cidadap.
"Ibarat melihat bapak sendiri. Insyaallah pembangunan jalan di Desa Cidadap selesai."

Berikutnya, Iwan Nirwana S.Sos.,M.Si Camat Pagaden Barat dalam ucapan selamat datangnya menyampaikan terima kasih atas kehadiran Kang Jimat dan perhatiannya bagi pembangunan di Kecamatan Pagaden Barat sebagai bukti kecintaan KangJimat pada petani dan warga Kecamatan Pagaden Barat.
"Terkait jalan baru haturnuhun ka Pak Bupati. Jalur Pagaden Balimbing 4,7 kilometer dengan biaya 14,3 Milyar. Alhamdulillah diraoskeun ku 5 desa di Pagaden Barat. Haturnuhun Pagaden Barat mendapat perhatian dalam pembangunan dari Pak Bupati. Bukti nyaah ka petani jeung pedagang dan warga Kecamatan Pagaden Barat."

Dalam kesempatan tersebut, Dandim 0605 Subang Letkol Inf Bambang Raditya M.Han mengajak warga Desa Cidadap untuk bersyukur memiliki Bupati seperti Kang Jimat karena di masa sulit pun Desa Cidadap masih mendapat perhatian sekaligus menyatakan komitmennya personel TNI dan Polri siap mendukung program yang menyejahterakan masyarakat.
"Tahun-tahun berat dilewati namun Desa Cidadap masih bisa diberikan anggaran untuk pembangunan. Kami siap membantu bagaimana hasil panen bisa maksimal agar warga Cidadap bisa makin sejahtera."

H. Hidayat S.Ag.,M.Si Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Subang menekankan tujuan kegiatan yang saat ini dilaksanakan adalah syukuran atas berhasilnya pembangunan jalan sekaligus berpesan agar masyarakat Desa Cidadap dapat memelihara jalan yang diresmikan.
"Ieu teh syukuran. Karunya ieu Pak Bupati karek jeneng dihantam Covid-19. Boro-boro ngomean jalan ketemu jeung ngumpul ge hese. Nah ieu aya jalan kudu disyukuri ngarana ge nikmat. Nikmat kudu dijaga, dipelihara, dan dimanfaatkan. Kalau tidak namanya kufur."

Acara dilanjutkan dengan penyematan pin dan penyerahan piagam Desa Mandiri dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI oleh Kang Jimat didampingi Dandim 0605 Subang kepada Kepala Desa Cidadap, Kepala Desa Belimbing, dan Desa Cidahu serta penyerahan bantuan pestisida dari Dinas Pertanian Subang kepada Gapoktan Pusakatani Desa Cidadap oleh Kang Jimat.


Mengawali sambutannya, Kang Jimat menyatakan rasa syukurnya atas selesainya pembangunan jalan di Desa Cidadap meskipun di tengah keterbatasan anggaran karena Covid-19
"Alhamdulillah Desa Cidadap bisa nepikeun ka anggeuskeun jalan. Ngahaja leumpang meh Bupati ge nincak jalan nu anyar."

Terkait berbagai permasalahan petani di Desa Cidadap, Kang Jimat berpesan agar masyarakat selalu kompak bergotong royong termasuk dalam menyeragamkan waktu tanam agar Desa Cidadap bebas dari hama pertanian.
"Sangat dibutuhkan sauyunan. Terkait hama tikus dilakukan gropyokan. Kapayun mun teu salah bertani harus kompak demi kebaikan urang bararea diseragamkan waktu tanamnya. Karena kalau caranya seperti ini akan mengundang penyakit."

Kepada masyarakat Desa Cidadap yang mayoritas petani, Kang Jimat menyampaikan terima kasih karena petani merupakan pejuang kehidupan yang memiliki peran krusial dalam hal ketahanan pangan sehingga Kang Jimat menyatakan komitmennya untuk terus mempertahankan lahan pertanian di Subang di tengah perubahan Subang menuju kawasan industri.
"Petani itu pejuang kehidupan. Satu sisi mendukung idustri, tapi Simkuring embung ngaganggu sawah teknis. Karena secanggihnya industri, beras tidak bisa diganti dengan biji plastik. Twrima kasih para petani. Semoga produksu tani di Desa Cidadap dapat memenuhi kebutuhan Kabupaten Subang bahkan Nasional."

Selanjutnya Kang Jimat berpesan kepada masyarakat Desa Cidadap untuk menjaga dan merawat jalan yang diresmikan karena membangun jalan bukan perkara mudah. Selain itu, jalan yang dirawat akan memberikan manfaat bukan hanya bagi generasi saat ini tetapi bagi generasi yang akan datang.
"Urang rawat urang jaga. Pemerintah sudah membuat jalan tapi kalau tidak dirawat tidak akan bertahan lama."

Terakhir, Kang Jimat berpesan kepada masyarakat Desa Cidadap untuk mempersiapkan generasi mendatang agar mampu bersaing menuju Subang menjadi kota industri.
"Dengan kehadiran industri, anak Subang jangan sampai hanya jadi penonton. Jadi siapkan anak cucu kita agar mampu bersaing dan lebih baik dari generasi kita agar tidak hanya jadi penonton." Pungkas Kang Jimat.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Kadinsos Subang, Kepala BP2KBP3A Subang, Muspika Kecamatan Pagaden Barat, para Kepala Desa se-Kecamatan Pagaden Barat, dan tamu undangan lainnya.

**Deden. S**
Previous Post Next Post

Contact Form