Operasi Keselamatan Lodaya 2023 Dimulai, Kapolres Subang Cek Kesiapan Personil dan Sarpras



SUBANG- Operasi Keselamatan Lodaya 2023 dimulai, Kapolres Subang pimpin upacara Gelar Pasukan guna melakukan pengecekan kesiapan Personil serta sarana dan prasarananya dalam menghadapi Operasi tersebut, Selasa, 07 Pebruari 2023 sekitar pukul 08.00 WIB, bertempat di Lapang Apel Mako Polres Subang. 

Giat pengecekan kesiapa personil dan sarpras tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Subang, AKBP Sumarni dan diikuti oleh 
Wakapolres Subang, Kabag Ops Polres Subang, Kapolsek Jajaran Polres Subang, PJU dan Perwira Polres Subang, Personel Polres Subang, Subdenpom Subang, Kodim 0605/Subang, Dishub Kab. Subang, Poldam Kab. Subang, beserta Pol PP Kab. Subang. 


Dimulainya Operasi Keselamatan tersebut, ditandai dengan penyematan Pita dan Penyerahan Bekal Kesehatan kepada seluruh pelaksana Operasi secara simbolis. 

Dalam giat tersebut, Kapolres Subang AKBP Sumarni membacakan amanat Kapolda Jabar dalam rangka operasi keselamatan Lodaya 2023 kepada seluruh petugas yang mengikuti upacara tersebut dengan mengucapakan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan yang maha kuasa karena atas segala limpahan rahmat dan karunianya kepada kita sekalian, sehingga pada hari ini dapat melaksanakan Kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi “Keselamatan Lodaya - 2023” dalam keadaan sehat walafiat.

Perlu kita ketahui, lanjut Sumarni, bahwa Apel Gelar Pasukan ini dimaksudkan untuk mengecek kesiapan para Personel dan Sarpras sebelum pelaksanaan Operasi “Keselamatan Lodaya - 2023” Polda Jabar.

Sesuai amanat Undang-undang Republik Indonesia nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, Polri, khususnya Polantas bersama Pemerintah yang didukung instansi terkait dan pemangku jalan lainnya memiliki tugas dan tanggung jawab untuk menjaga keamanan dan kelancaran arus lalu lintas serta menurunkan titik lokasi kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas guna terciptanya kamseltibcar lantas yang aman dan kondusif, ujar Kapolres. 

Terciptanya Kamseltibcar Lantas yang aman dan kondusif tentunya memerlukan upaya dan kerja keras kita semua guna terciptanya kamtibmas dan kamseltibcarlantas yang aman dan kondusif dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. 

Adapun upaya - upaya kegiatan Preemtif dan Preventif serta didukung Polda Gakkum Lantas secara elektronik dengan menggunakan ETLE statis dan mobile dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan perundang-undangan lalu lintas, maka Polda Jabar dan jajaran menggelar Operasi Kepolisian kewilayahan dengan sandi Ops “Keselamatan Lodaya - 2023” yang digelar serentak diseluruh Indonesia, dalam rangka “Cipta Kondisi Kamseltibcarlantas" menjelang Idul Fitri 1444 H. tahun 2023, yang akan digelar selama 14 hari terhitung mulai tanggal 7 s.d 20 februari 2023.

Adapun Personel yang terlibat dalam operasi keselamatan ini sebanyak 2.509 Personel dengan perincian Satgas Polda Jabar sebanyak 520 Personel dan Satgasres Jajaran sebanyak 1.989 Personel. Saya yakin dan percaya dengan kekuatan Personel yang terlibat tersebut dan pelaksanaan Lat Pra Ops yang telah dilaksanakan maka diharapkan pelaksanaan Operasi “Keselamatan Lodaya - 2023” hasilnya dapat terlaksana dengan optimal dan baik.

Terkait dengan dilaksanakannya Operasi “Keselamatan Lodaya - 2023” bertujuan untuk, 
1. Meningkatkan disiplin dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas
2. Menurunnya angka kecelakaan
lalu lintas 
3. Menurunnya angka fatalitas korban kecelakaan
4. Menurunnya angka pelanggaran lalu lintas.

Adapun target Operasi yang harus dicapai adalah terciptanya Kamseltibcar lantas yang aman dan nyaman, meningkatkan disiplin dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas, berkurangnya jumlah laka lantas dan Gar lantas serta menurunnya angka fatalitas korban kecelakaan.

Operasi “Keselamatan Lodaya - 2023” merupakan jenis operasi harkamtibmas bidang lantas yang mengedepankan giat preemtif guna meningkatkan simpati masyarakat terhadap polantas, tidak diperkenankan melaksanakan gakkum lantas secara tilang secara stasioner/hunting system.

Sebelum mengakhiri sambutan ini, sambung AKBP Sumarni, perlu saya tekankan kembali kepada Personel yang terlibat Ops “Keselamatan Lodaya - 2023” baik yang berada di Polda maupun Polres jajaran agar mempedomani hal-hal sebagai berikut ;
1. Selalu panjatkan doa kepada tuhan yang maha esa sebelum melaksanakan tugas
2. Utamakan keselamatan dan mempedomani protokol kesehatan dalam setiap pelaksanaan tugas
3. Laksanakan kegiatan edukasi tentang tertib berlalulintas
4. Melakukan kegiatan yang memberikan nilai positif kepada masyarakat dalam bentuk baksos, bagi-bagi masker dan kegiatan positif yang lainnya
5. Saya ingatkan kembali agar tidak melaksanakan gakkum lantas tilang secara stasioner yang akan mencederai pada pelaksanaan operasi “Keselamatan Lodaya - 2023”
6. Pada pelaksanaan Ops semua personel yang terlibat agar tetap melakukan tindakan yang simpatik dan humanis serta hindari tindakan yang kontra produktif dan sikap arogan sehingga kehadiran polantas dapat dirasakan oleh masyarakat.

Dan terakhir saya sampaikan, dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Tuhan yang maha Esa, saya mengucapkan selamat melaksanakan tugas operasi Kepolisian kewilayahan dengan sandi operasi “Keselamatan Lodaya - 2023” Polda Jabar.

Demikian sambutan saya, semoga Allah SWT, Tuhan yang maha Esa senantiasa memberikan bimbingan, anugerah dan petunjuk kepada kita semua, dalam melaksanakan tugas dan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa dan negara serta Polri yang kita cintai ini, pungkas Sumarni.

**Ferry**
Previous Post Next Post

Contact Form