LOMBA DESA TINGKAT KABUPATEN SUBANG TAHUN 2023, SEKDA IMBAU TINGKATKAN KUALITAS PEMERINTAHAN DESA




Subang - Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni S.Sos, M.Si menghadiri sekaligus membuka kegiatan Lomba Desa Tingkat Kabupaten tahun 2023 bertempat di desa Sindanglaya Kecamatan Tanjungsiang, Senin 22 Mei 2023.

Lomba desa ini merupakan ajang tahunan yang dilakukan oleh setiap pemerintah daerah, Kabupaten Subang dalam kesempatan ini mengusung tema lomba desa ini "TATA KELOLA PEMERINTAHAN YANG BAIK DALAM MEWUJUDKAN STABILITAS EKONOMI DAN SOSIAL DESA".

Camat Tanjungsiang Bapak Agus Saepuloh dalam laporannya menghaturkan terima kasih kepada Kang Asep telah hadir ke desa sindanglaya, ia pun menginformasikan kepada para hadirin bahwa dibawah kepemimpinan Jimat-Akur telah meraih penghargaan yaitu WTP 5 kali secara berturut-turut dari BPK RI.
"Tentu ini sebuah pencapaian yang sangat luar biasa untuk pemerintah daerah, semoga kedepannya bisa jauh lebih baik lagi"

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Subang Dadan Dwiyana, AP,. M.Si dalam laporannya menyampaikan terkait tujuan diadakannya lomba desa ini ada 3 point, yaitu:
- Mengetahui capaian pelaksanaan kinerja pemerintah desa selama 2 tahun terakhir
- Mengetahui dan mengoptimalkan potensi dan inovasi desa
- Bentuk sarana apresiasi pemerintah terhadapa pelaksana penyelenggaran pemerintah desa 

Dadan pun menyebutkan bahwa ada 4 desa yang akan bersaing untuk bisa menjadi salah satu perwakilan kabupaten subang di tingkat provinsi, diantaranya desa Cikujang kecamatan Serang Panjang, desa Sindanglaya kecamatan Tanjungsiang, desa Sukamandi kecamatan D
Sagalaherang, dan desa Mekarjaya kecamatan Compreng.

Kang Asep Nuroni sapaan akrab Sekretaris Daerah Kabupaten Subang dalam sambutannya menyampaikan bahwa lomba desa ini tak hanya menjadi ajang evaluasi perkembangan desa merupakan evaluasi terhadap penilaiaan perkembangan penyelenggaraan pemerintahan, kewilayahan dan kemasyarakatan yang berkembang dan cepat berkembang yang dilakukan oleh pemerintah pusat dan pemerintah daerah. 

Kang Asep Nuroni pun berharapa melalui tema yang telah digagas tersebut diharapkan bangkit dari pasca pandemi, mampu melakukan stimulus pertumbuhan ekonomi, mampu menjaga stabilitas ekonomi dan sosial yang baik. Selain itu kang asep berharap pemerintah desa mampu menghadapi berbagai isu-isu yang berkembang seperti kemiskinan ekstrem, inflasi, stunting dan isu strategis lainnya. 

Kang Asep Nuroni pun menyebutkan bahwa penyelenggaraan kegiatan lomba desa ini merupakan agenda tahunan dan sangat penting dilaksanakan setiap tahunnya dalam rangka evaluasi penyelenggaraan pemerintah desa dalam peningkatan kualitas pada 3 Bidang yang ada di desa yaitu bidang pemerintahan bidang kewilayahan dan bidang kemasyarakatan
"Jika diasumsikan kepada sektor pendidikan, bahwa lomba desa ini adalah alat ukur untuk penilaian keberhasilan, penilaian keberhasilan itu dinilai dari kinerja kita menghasilkan sebuah laporan berbentuk raport untuk bisa mengetahui kelayakannya ketahap selanjutnya "

Adapun pesan yang disampaikan Kang Asep kepada ke 4 desa yang akan bersaing untuk mewakili Kabupaten Subang di tingkat provinsi sebagai berikut:
"Bagi desa yang juara 1, diharapkan nanti pada lomba desa ditingkat provinsi mampu berprestasi sehingga dapat membawa nama baik pemerintah daerah kabupaten subang. Untuk desa yang belum bisa berpartisipasi ditingkat provinsi jangan berkecil hati tetap bangun pemerintah desa yang baik tetap berevolusi dan gali potensi, tetap semangat dan sukses"

*Asep Nasa - Deden. S**
Previous Post Next Post

Contact Form