Gerbang Cita 2024: Sekda Subang Dukung Peningkatan Literasi di Kabupaten Subang




Cybernasa Subang - Festival Literasi Gerakan Subang Cinta Pustaka (Gerbang Cita) 2024 yang berlangsung pada 26 Juni 2024 bertempat di Aula Oman Sahroni Pemda Subang mendapatkan sambutan hangat dari berbagai pihak, termasuk Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si.
Rabu, 26/06/2024

Sekda Subang mengawali kunjungannya dengan peninjauan stan-stan para peserta Gerbang Cita yang menampilkan projek dan karya-karya dari para peserta.

Kegiatan dibuka oleh penampilan kesenian angklung yang dipersembahkan oleh siswi-siswi SDIT Alamy.

Membuka sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Subang Tatang Komara, S.Pd. M.Si. menyatakan kegiatan tersebut sudah diadakan di tahun-tahun sebelumnya, dan menghadapi tantangan terkait server web yang terbatas untuk mengakomodir para peserta. Kendati demikian dirinya mengapresiasi perjuangan para peserta.


Selanjutnya, Tatang Komara menekankan pentingnya kegiatan literasi dalam membentuk generasi yang cerdas dan berwawasan luas. “Kegiatan Festival Literasi Gerbang Cita 2024 ini merupakan momentum penting bagi kita semua untuk meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi sesuai dengan yang diamanatkan dalam Rapor Pendidikan,” ujar Tatang.

Selain itu, Tatang Komara juga memberikan motivasi kepada para guru yang belum berpartisipasi untuk tergugah ikut serta dalam kegiatan literasi ini. “Saya mengajak para guru yang belum berpartisipasi untuk turut serta dalam gerakan literasi ini. Partisipasi aktif dari seluruh tenaga pendidik sangatlah penting untuk kesuksesan program ini dan untuk memberikan inspirasi serta semangat kepada para siswa,” tegasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan peluncuran program GEUMEULIS (Gerakan Membaca dan Menulis Buku Digital) oleh Sekretaris Daerah, Kadisdikbud, Kadiskominfo, Sekretaris Disarpus.

Dalam sambutannya, H. Asep Nuroni, S.Sos. M.Si. menyampaikan sambutan Pj. Bupati Subang, dirinya menekankan pentingnya kegiatan seperti ini untuk meningkatkan literasi dan numerasi masyarakat, sesuai dengan amanat dalam Rapor Pendidikan. Ia berharap Festival Literasi Gerbang Cita 2024 dapat menjadi ruang penting untuk penguatan potensi diri, budaya, dan keberagaman yang ada di Kabupaten Subang.
"Kegiatan ini tidak hanya memberikan kesempatan bagi siswa untuk menunjukkan kemampuan mereka dalam berbagai kegiatan, tetapi juga memperkuat nilai-nilai inti yang esensial dalam proses belajar," tambahnya.


Lebih lanjut, Sekda Subang juga berpesan kepada para siswa bahwa Gerbang Cita bukan hanya tentang memenangkan lomba, tetapi juga tentang proses pembelajaran yang berharga. Dengan pendekatan yang kreatif dan menyenangkan, ia berharap dapat membentuk generasi yang cerdas, kreatif, dan berpengetahuan luas untuk masa depan Subang yang lebih gemilang.
"Saya berharap dengan pendekatan yang kreatif dan menyenangkan, kita dapat membentuk generasi yang cerdas, kreatif, dan berpengetahuan luas untuk masa depan Subang yang lebih gemilang," harap H. Asep.

Selanjutnya, diserahkan penghargaan kepada para pemenang Anugerah Bintang literasi (kategori Siswa), Duta Literasi (Guru), dan Gerbang Interaksi (Sekolah).

Dengan demikian, Festival Literasi Gerbang Cita 2024 diharapkan mampu menjadi momentum penting dalam upaya meningkatkan literasi dan menciptakan generasi penerus yang siap menghadapi tantangan masa depan.

R**** kcr
Previous Post Next Post

Contact Form