Pertama Kali Dalam Sejarah Kelompok Tani Alam Subur Gelar Pelatihan Kelembagaan Petani Tembakau dengan Puluhan Anggota

Subang, cybernasa.com - Dinas perkebunan propinsi Jawa Barat memberikan pelatihan kelembagaan petani tembakau untuk wilayah Subang.

Senin, 10 Juni 2024, pemerintah Propinsi Jawa Barat dari Dinas Perkebunan Propinsi Jawa Barat, memberikan azas manfaat bagi para pengusaha petani yang ada di wilayah Jawa barat. Salah satunya, saat ini Kelompok Tani Alam Subur mendapat perhatian dari Dinas Perkebunan Propinsi untuk diadakan pelatihan kelembagaan petani tembakau.

Pemerintah pusat saat ini mengeluakan anggaran dengan tujuan untuk para pengusaha tani bisa lebih meningkat, baik SDM atau pembinaan tentang  pembentukan organisasi, baik susunan pengurus dan administrasi dan yang lainnya supaya bisa mencapai kesejahteraan yang lebih baik, membuat kelompok maupun membuat keluarga bersejahtra demi keluarganya dan anggota kelompoknya.

Sebelum melanjutkan pelatihan kelembagaan petani tembakou ini, Kabid Perkebunan dari Propinsi Jawa Barat dan Kabid Perkebunan dari Kabupaten Subang menyampaikan pesan, dengan adanya pelatihan ini, agar sungguh-sungguh dan diperhatikan hingga bisa menjalankannya, dan bisa bermanfaat bagi anggota yang ikut pelatihan, juga bisa dilaksanakan dan dikembangkan supaya lebih maju, berkembang, ada perubahan menjadi berkah dan manfaat bagi semua kelompok  tani selama pembinaan.

Dari semua kelompok tani di subang, Kabid Perkebunan Kabupaten Subnag menegaskan bahwa hanya kelompok ini yang bisa ikut pelatihan kelembagaan petani tembakau.

Kelompok Tani Alam Subur yang ada di Kp. Sukahurip RT 16 RW 07 Desa Nagrak Kecamatan Ciater, berikut kelompok lainnya, ikut pelatihan kelembagaan petani tembakau, yang bertempat di wisata Ciangin Desa Cibeusi Kecamatan Ciater Kabupaten Subang Jawa Barat.

Kelompok Tani Alam Subur dan kelompok lainnya dari sejumlah 20 peserta ikut serta dalam melaksanakan pelatihan kelembagaan petani tembakou, selama 3 hari berturut-turut dari hari Senin, 10 Juni 2024 sampai dengan hari Rabu, 12 Juni 2024.

Dari hari pertama  petugas pasda sebanyak empat orang, yaitu: Bapak Sutisna s, Bapak Hadi Ruhenda, Bapak Kurnia dan Bapak Ahmad Sudana. Keempat orang ini merupakan pengajar dan memberikan pelajaran dari beberapa mata pelajaran terkait cara penyusunan organisasi dan kelembagaannya, mulai dari pelajaran dan mengajarkan, antara sifat dan prilaku sebagai ketua dan yang lain-lainnya, sangat detail dan jelas, simpel dan disiplin.

Metode pengajaran yang disampaikan oleh pemateri ternyata tidak kaku, di sela-sela pemarapan materi, ada juga kegiatan hiburan dengan menyanyikan lagu secara bersama-sama untuk menghilangkan kejenuhan.

Para anggota Kelompok Tani Alam Subur sangat berterima kasih kepada pemerintah, baik pusat maupun pemerintah daerah, diantaranya Ibu Kabid Perkebunan di Subang dan Kabid Perkebunan yang berada di propinsi, serta Ibu Kadis Pertanian di Kecamatan Ciater Kabupaten Subang , juga para pasda yang ikut serta dalam pelaksanaan pelatihan.

Harapannya, pelatihan tersebut bermanfaat bagi para anggota dan Allah Subhanahu wa Ta’ala membalasnya dengan segala kebaikan, dan semoga menjadikan keberkahan bersama. (Dodi Mulyana, Den Kucir)

Previous Post Next Post

Contact Form