PJ.Bupati Subang Hadiri Sosialisasi ‘Aplikasi Menara Masjid’ / Manajemen Keuangan Masjid Berbasis IT, Dr. Imran Harap Masjid Menjadi Wadah Perkembangan umat Islam



Cybernasa Subang - Pj. Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si.,MA.Cd menghadiri Pelatihan Manajemen Keuangan Masjid Berbasis IT, bertempat di Masjid Agung Al Musabaqoh Kab. Subang, 
Selasa, 11/06/2024.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala Baznas Kabupaten Subang Dr. H. Musyfiq Amrullah menyatakan Baznas Kabupaten Subang selalu berusaha mengikuti perkembangan zaman, terlebih terkait pengelolaan keuangan. Masjid bukan hanya untuk tempat shalat berjamaah saja, sejak zaman Rasulullah, Masjid juga dipergunakan untuk tempat pembinaan kader-kader, persiapan perang, dan baitul mal, “Sejak dahulu rasul sudah memberdayakan masjid sedemikian rupa, sesuai perkembangan zaman, pengelolaan keuangan terelebih terkait Zakat Infaq dan Shodaqoh, sudah sepantasnya menggunakan teknologi digital, memperlancar proses transparansi, dan akuntabel” ungkapnya.

Dr. H. Musyfiq pun berpesan agar para peserta pelatihan aplikasi mengikuti kegiatan dengan saksama, agar pemahamannya maksimal dan dapat diterapkan di UPZ masing-masing kecamatan.

Selanjutnya, Pj. Bupati Subang yang akrab disapa Dr. Imran menyampaikan kegiatan tersebut sangat bermanfaat, Dr. Imran pun mengapresiasi Baznas Subang selalu hadir bersama pemerintah daerah Kabupaten Subang, dan menyukseskan berbagai event yang ada di Kabupaten Subang.

Dr. Imran menegaskan UPZ pada zaman sekarang hendaknya tidak berdiam diri, tetapi harus aktif dalam berbagai kesiapan yang ada, dirinya pun menyatakan kesiapan Pemkab Subang berkolaborasi dengan Baznas dalam penyaluran zakat.

Terkait aplikasi manajemen keuangan berbasis IT, Dr. Imran menyatakan lembaga amal pengelola keuangan di Indonesia merupakan yang terbesar di dunia, dengan potensi yang luar biasa untuk menyejahterakan umat.
“Maka dari itu kita harus benahi manajemen keuangan, basis digital adalah salah satu solusi yang menjawab perkembangan zaman.” Ungkapnya.

Dr. Imran pun setuju dengan ketua Baznas Subang, terkait berbagai kegiatan yang bisa dilakukan di masjid. Dirinya juga berbagi pengalamannya di masa kecil terkait masjid yang terkesan eksklusif, Dr. Imran berpendapat bahwa masjid seharusnya bukan hanya untuk ritual keagamaan tapi juga bisa menjadi tempat berbagai kegiatan umat, dengan tetap menjaga kesucian di area sholat.
“Masjid harus jadi ‘hulu’ nya kegiatan umat islam, maka dari itu manajemen harus dikelola dengan baik. Masjid bisa dimanfaatkan sebagai pusat kegiatan, dan bisa jadi tempat bermain dan pembinaan generasi muda. Saya setiap Jumat shalat di berbagai masjid yang berbeda di Subang, saya memantau hal itu” Ungkapnya.

Dr. Imran pun menyoroti terkait kebersihan masjid, dirinya mengimbau agar kebersihan harus diutamakan di masjid sebagai tempat ibadah yang nyaman.
“Saya ingin masjid menjadi tempat perkembangan umat Islam di seluruh Indonesia” Pungkasnya.

Seusai memberikan sambutan, Dr. Imran pun secara resmi membuka kegiatan sosialisasi.

Turut hadir pada kegiatan tersebut PLH Kepala Kemenag,Perwakilan MUI Kab Subang, staf layanan aplikasi Baznas RI, Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, dan pengelola UPZ kecamatan Se-Kabupaten Subang.


R****kcr
Previous Post Next Post

Contact Form