Sosialisasi ASN Berprestasi, Sekda Subang Harap Penilaian Secara Objektif





Cybernasa Subang - Sekertaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni, S.Sos., M.Si., hadir sekaligus membuka Sosialisasi Seleksi Penghargaan PNS Berprestasi Inovatif, Inspiratif dan The Future Leader Kabupaten Subang tahun 2024, bertempat di Lembah Sarimas Hotel, Ciater. 
Kamis, 13/06/2024. 

Kegiatan yang diinisiasi oleh BKPSDM Kabupaten Subang tersebut diikuti oleh para Kasubag umum dan Kepegawaian serta Pengelola Kepegawaian di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang.

Kepala Bidang Penilaian Kinerja Aparatur dan Penghargaan BKPSDM Kabupaten Subang Riza Fitriana Setiawan, SH.,MM dalam laporannya menyampaikan bahwa maksud dilaksanakannya Seleksi Penghargaan PNS Berprestasi adalah untuk memberikan penghargaan kepada PNS di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang yang memiliki prestasi terbaik dalam upaya meningkatkan kinerja dan kedisiplinan.

Selain itu, disampaikan pula tujuan kegiatan tersebut adalah memberikan dorongan/ motivasi kepada segenap PNS agar memiliki loyalitas, kejujuran, dedikasi dan disiplin yang tinggi, memiliki kinerja, potensi, profesionalisme yang siap memberikan pelayanan prima, serta sadar akan tanggung jawab selaku aparatur pemerintah untuk berperan aktif dalam berbagai kegiatan pemerintahan dan pembangunan.

Dirinya pun menjelaskan bahwa penghargaan tersebut memiliki 3 kategori, yakni Inovatif, Inspiratif dan The Future Leader.


Sementara itu, Sekda Subang Kang Asep Nuroni membuka sambutannya menyampaikan harapannya terkait penghargaan yang diberikan, yakni harus bersifat objektif. Menurutnya, saat ini masih banyak ASN yang memiliki dampak besar bagi pemerintah maupun masyarakat, namun tidak secara langsung terlihat.
"masih banyak mutiara yang tidak terlihat, yang memiliki kontribusi, tapi tidak terlihat secara langsung."

Dirinya pun berharap dengan sosialisasi penghargaan kali ini, penghargaan yang diberikan dapat diberikan kepada orang yang tepat dengan kriteria-kriteria dan catatan-catatan yang ada. Namun, berbanding terbalik dengan itu, Sekda Subang menjelaskan, dengan adanya penghargaan yang objektif, harus ada pula punishment yang tepat bagi yang memiliki kinerja yang tidak baik.
"Harus ada keseimbangan antara ASN yang berprestasi yang inovasi, punya kepemimpinan dan sebagainya, dibanding dengan yang sebaliknya."

Selanjutnya, Sekda Subang pun menyampaikan sambutan Pj. Bupati Subang, dimana disampaikan bahwa penghargaan yang kini disosialisasikan adalah sebagai bentuk apresiasi kepada PNS yang berprestasi dan menemukan role model bagi PNS lain di lingkup Pemerintah Kabupaten Subang, serta mendorong PNS yang belum berprestasi agar termotivasi untuk berkarya demi kemajuan Kabupaten Subang.


Sekda Subang juga menjelaskan mengenai kategori penghargaan, yakni PNS Inovatif, Inspiratif dan The Future Leader, dimana Inovatif adalah sosok PNS yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam mendayagunakan pemikiran, kemampuan imajinasi, berbagai stimulan dan individu yang mengelilinginya dalam menghasilkan produk, layanan, kebijakan dan terobosan baru yang berguna baik bagi dirinya sendiri, maupun lingkungannya.

Selanjutnya, PNS Inspiratif merupakan sosok PNS panutan yang dapat mengilhami, menggerakan, membangkitkan dan mengobarkan semangat bagi diri dan lingkungannya untuk melakukan sesuatu 
yang positif dan berguna. Sementara PNS The Future Leader merupakan sosok PNS yang memiliki jiwa kepemimpinan yang positif, partisipatif, berkelanjutan, berorientasi pada hasil dan mampu melihat jauh ke depan.
"besar harapan saya dengan adanya penghargaan ini akan banyak muncul PNS-PNS dengan penuh integritas, berakhlak mulia yang dapat membangun Kabupaten Subang ini jauh lebih lagi."

Agenda dilanjutkan dengan penyampaian materi yang disampaikan oleh Dr. Ferry Hadiyanto, S.E.,M.A (Kaprodi Magister Ilmu Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjajaran) dan Jimat Adam Romadona, S.IP.,M.AP (Analis SDM Ahli Muda BKPSDM Kabupaten Subang) yang memberikan materi terkait mekanisme petunjuk teknis pelaksanaan seleksi penghargaan.


R****Kcr
Previous Post Next Post

Contact Form