Groundbreaking VinFast, Pj. Bupati Subang Ajak Investor Untuk Datang ke Subang




Cybernasa Subang - Penjabat (Pj) Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd menghadiri kegiatan Groundbreaking Ceremony PT. Vinfast Automobile Indonesia di Kecamatan Cibogo. 
Senin, 15/07/2024.

PT. Vinfast Automobile Indonesia adalah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, yang memproduksi mobil listrik, dan berkantor pusat di Vietnam, dan merupakan anggota Vingroup yang merupakan salah satu perusahaan swasta terbesar di negara itu.

Vingroup Chairmans Senior Advisor and CEO of V Green Global Charging Stasion JSD Nguyen Duc Thanh mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah melancarkan kegiatan Groundbreaking, Dirinya menyatakan bahwa Groundbreaking tersebut menjadi penanda penting bagi langkah Vinfast dan langkah penting pula bagi indonesia untuk masa depan yang hijau.
“Pembangunan pabrik di Subang menjadi komitmen vinfast”

Nguyen Duc Thanh juga menyampaikan bahwa Investasi awal yang dikeluarkan oleh Vinfast adalah sebesar 200jt USD, dengan pabrik yang dapat memproduksi sebanyak 50rb kendaraan/tahun, dan akan menciptakan lapangan kerja yang luas serta peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat sekitar.


Selanjutnya, Pj. Bupati Subang Dr. Imran daam sambutannya menyampaikan bahwa hadirnya PT. Vinfast di Subang menjadi momen yang membahagiakan bagi Kabupaten Subang, karena Subang dipercaya oleh investor untuk menanamkan modal. Dirinya juga mengajak kepada investor lain untuk dapat menanamkan modal di Subang, karena Subang sangat menyambut baik investasi.
“Saya ingin menegaskan bahwa Kabupaten subang sangat welcome untuk investasi, saya mengundang seluruh investor, untuk bisa menanamkan modal di Subang.”

Pj. Bupati Subang juga menjelaskan, bahwa Subang merupakan wilayah yang strategis dan telah memiliki berbagai wilayah industri baru, yang salah satunya adalah wilayah yang kini akan dibangun PT. Vinfast, akan hal itu dirinya berharap munculnya kawasan baru tersebut berdampak baik bagi percepatan pembangunan di Subang, serta berkontribusi pada sumber daya manusia, baik bagi pengembangannya, maupun bagi lapangan pekerjaannya.
“Kita berharap munculnya kawasan baru akan berdampak positif bagi percepatan pembangunan subang, juga berkontribusi positif bagi tenaga kerja di Kabupaten Subang. Saya berharap karyawan pertama di Vinfast ini adalah warga subang, saya juga berharap sekolah teknik yang ada di Jawa Barat bisa mengadopsi terkait mobil listrik yang digarap oleh Vinfast.”

Menutup sambutannya, dirinya mengharapkan kedepan setiap kawasan industri mampu saling terintegrasi dan terkoneksi.
“Kami sangat berharap, kedepan pengembangan kawasan bisa sinergi, bisa terpadu. Tidak berjalan sendiri sendiri, sehingga bisa terkoneksi dan terintegrasi.”

Sementara itu, Kepala Kantor Staf Presiden  Jenderal TNI Dr. H. Moeldoko, S.I.P., M.A. membuka sambutannya mengucapkan selamat atas telah dilaksanakannya groundbreaking pembangunan pabrik di Kabupaten Subang yang mana hal tersebut menunjukan sebuah komitmen atas janji Vinfast untuk melakukan investasi di Indonesia.
“Saya menyarankan kepada presiden, untuk mengunjungi pabrik Vinfast di vietnam dan beliau datang sendiri dan betapa vinfast menjadi sebuah industri yang besar di vietnam.”


Moeldoko juga menjelaskan kenapa Subang menjadi lokasi yang dipilih sebagai wilayah pembangunan pabrik Vinfast, yaitu karena Subang adalah wilayah yang strategis dengan hadirnya berbagai program strategis Nasional, seperti Bandara, Pelabuhan Internasional, adanya akses tol, juga hadirnya kawasan - kawasan Industri.
“Kenapa di Subang? Tadi sudah dijelaskan, Subang itu adalah daerah yang strategis, ada airport yang tidak terlalu jauh, pelabuhan laut yang dekat, ada tol yang mendekatkan jakarta ke arah Cirebon sehingga ini menjanjikan untuk ke depan.”

Atas hadirnya program strategis nasional itu pula, Moeldoko berharap Kabupaten Subang harus mampu menyiapkan diri, karena akan datang investor investor yang akan berinvestasi.
“Daerah Harus menyiapkan diri sebaik baiknya, karena dengan hadirnya investor akan berdampak untuk pengembangan sumber daya manusia maupun sumber daya ekonomi secara makro.”

Dirinya juga menjelaskan, terdapat 3 persyaratan untuk datangnya investor, yaitu Stability, Pelayanan publik yang nyaman dan mudah serta Logistik efisien dan murah. Akan hal itu, Pemerintah telah mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang mengatur hal tersebut, sehingga investasi dapat berkembang.
“Ini akan memberikan dampak pertumbuhan pembangunan.”

Pada kesempatan tersebut, Pj. Bupati Subang turut serta dalam melaksanakan Groundbreaking dengan simbolis penyerokan tanah dengan menggunakan sekop secara bersama-sama, yang juga diikuti oleh Kepala Staf Presiden, Direktur jendral Industri Argo
Ir. Putu Juli Ardika, Duta besar Vietnam, Vingroup Chairmans Senior Advisor and CEO of V Green Global Charging Stasion JSD Nguyen Duc Thanh, serta jajaran PT. Vinfast lainnya.

Selanjutnya, ditunjukan pula salah satu produk mobil listrik Vinfast dengan type VFe34.

R***DensKcr & Zal
Previous Post Next Post

Contact Form