Hadiri Rakor TPID Kabupaten Subang, Pj. Bupati Tegaskan Sinergitas Kunci Penanganan Masalah




Subang - Penjabat Bupati Subang, Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd menghadiri rapat koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Subang Semester 1 Tahun 2024. Bertempat di Hotel Nalendra, Kamis (25/07/2024).

Rakor TPID tersebut mengusung tema “Sinergi dan kolaborasi peningkatan ketahanan pangan melalui optimalisasi pupuk bersubsidi, pompanisasi, cetak sawah dan penanganan pasca panen dalam pengendalian inflasi.”

Dalam sambutannya, Dr. Imran menyampaikan bahwa inflasi merupakan salah satu prioritas nasional.
“Inflasi itu menjadi prioritas nasional disamping ada beberapa prioritas lain seperti penurunan kemiskinan ekstrim dan stunting.”



Dr. Imran meminta adanya penjadwalan masa tanam sehingga besaran produksi pertanian Kabupaten Subang dapat terukur.
“Kita belum bisa mengorkestrasi terkait masalah tanam ini khususnya terkait penjadwalan masa tanam. Sehingga itu berdampak pada proses tanam selanjutnya. Kita belum bisa mengukur seberapa besar produksi yang dihasilkan subang pada masa tanam.”

Dr. Imran menambahkan bahwa penjadwalan masa tanam juga bertujuan untuk dapat mengontrol hama pertanian.
“Bagaimana kita bisa mengontrol hama, kalau tidak ada masa tanam. Di satu desa saja masa tanamnya tidak serentak. Ada yang sudah tanam, ada yang masih menanam, dan ada yang masih pembibitan.”




Dr. Imran juga menjelaskan bahwa pengelolaan pertanian harus diselesaikan dari hulu hingga hilir dan dilaksanakan secara bersinergi. Dengan adanya sinergitas tersebut, maka berbagai permasalahan, tak hanya di bidang pertanian, tapi juga dalam pengendalian stunting, inflasi hingga kemiskinan ekstrem dapat diatasi.
"Problem yang ada di negara kita ini tidak akan mungkin itu bisa ditangani sendiri tanpa bersama-sama. Tolong ini menjadi perhatian kita semuanya, kita tidak bisa lempar tanggung jawab urusan inflasi, urusan penurunan stunting, urusan kemiskinan ekstrem, itu tidak bisa kita lempar-lemparan sekarang harus menangani bersama."



Pada kesempatan tersebut, Dr. Imran memberikan piagam penghargaan kepada lembaga yang berperan aktif dalam pengendalian inflasi di Kabupaten Subang diantaranya Kodim 0605/Subang, Polres Subang, Kejaksaan Negeri Subang, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Cabang Purwakarta, BPS Subang, Kadin Subang, dan Bulog.

Turut hadir Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, dan Kepala Bagian Perekonomian.

(***)



Informasi : Pemberitaan
www.cybernasa.com Bisa Diakses Di Tabloid Metro Lima News Atas Nama Asep Nasa YH Pemimpin Redaksi Cybernasa



Previous Post Next Post

Contact Form