KAMI SIAP DIDUKUNG DAN MENDUKUNG PELABUHAN PATIMBAN, UCAP PJ BUPATI SUBANG KALA MENJADI NARASUMBER DALAM SOSIALISASI USAHA PATIMBAN




Subang - Penjabat Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si.,MA.Cd menjadi narasumber dalam acara Sosialisasi Usaha dalam rangka Meningkatkan Strategi Pengembangan Usaha di Patimban, bertempat di Mataram Ballroom Kementerian Perhubungan Jakarta Pusat, Rabu (24/07/2024).

Acara yang diinisiasi oleh PT Pelabuhan Patimban International (PPI) tersebut mengusung tema 'Patimban Port: Stremlining Logistics for A Connected World' dan diawali dengan persembahan tarian khas Kabupaten Subang yaitu Sisingaan dan Goyang Karawang oleh siswa SD Babelat Kecamatan Pusakanagara Kabupaten Subang.



Acara tersebut dihadiri langsung oleh Dr. Capt. Antoni Arif Priadi, M.Sc Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan.

Melalui tayangan video Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi mengungkapkan Pelabuhan Patimban adalah magnet yang mampu mengintegrasikan rantai pasok logistik industri. Budi Karya berharap kegiatan Sosialisasi Usaha ini mampu memeberikan gambaran yang lebih jelas terkait Pelabuhan Patimban kepada investor.



Acara dilanjutkan dengan pemaparan oleh Kepala KSOP Kelas II Patimban, Direktur Utama PT PPI, Direktir Utama PT PICT, dan Penjabat Bupati Subang yang dimoderatori oleh Kepala Bidang Infrastruktur Transportasi Laut dan Penunjang Kementerian Perhubungan RI Dr. Imam Soni, M.M.Si.

Kepala KSOP Kelas II Patimban Capt. M. Abduh M.M.Tr terkait progres dan rencana pembangunan Pelabuhan Patimban yang akan terus berlangsung hingga tahun 2027 mendatang. Capt. Abduh menekankan Pelabuhan Patimban hadir untuk mengurangi cost logistik nasional.



Fuad Riza Direktur Utama PT PPI pada kesempatan tersebut menjelaskan perkembangan bisnis di Pelabuhan Patimban yang begitu pesat meskipun Patimban masih tergolong sebagai pelabuhan baru.

Toshihiro Matsuhi Sales Marketing Manager PT Patimban International Car Terminal (PICT) di hadapan hadirin menjelaskan perkembangan bisnis PICT terlebih dengan rencana pembangunan akses tol Patimban yang nantinya akan memangkas waktu tempuh dan biaya logistik yang diperlukan.



Dalam paparannya yang berjudul 'Pelabuhan Patimban untuk Kabupaten Subang Maju, Berdaya Saing, dan Berkelanjutan' Dr. Imran dengan tegas mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang mendukung investasi di Kabupaten Subang, tidak hanya di Pelabuhan Patimban tapi di seluruh wilayah Kabupaten Subang.
"Saya berkomitmen untuk mendukung investasi di Kabupaten Subang. Tidak hanya di Pelabuhan Patimban tetapi di seluruh wilayah Kabupaten Subang."



Dr. Imran menyatakan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang telah melakukan aksi nyata dalam mendukung investasi dengan adanya Perda kemudahan investasi dan Perda Kepelabuhanan.
"Komitmen itu kami tunjukkan dengan adanya berbagai peraturan daerah yang mendukung iklim investasi di Subang."



Dr. Imran juga mengungkapkan harapannya, ke depan Pelabuhan Patimban dan kawasan industri yang ada di Subang dapat terintegrasi sehingga terbentuk kawasan ekonomi Subang.
"Dengan adanya Pelabuhan Patimban, kawasan yang ada di Kabupaten Subang dapat terintegrasi. Saya sebagai Pemerintah Daerah berharap kawasan-kawasan ini dapat terintegrasi menjadi satu kawasan ekonomi Kabupaten Subang."

Dr. Imran kembali menegaskan Pemerintah Kabupaten Subang siap mendukung kemajuan Pelabuhan Patimban dan beeharap eksistensi Pelabuhan Patimban mampu memberi dampak tidak hanya di Subang tetapi hingga ke Ibu Kota Negara yang baru.
"Kami (Pemerintah Daerah Kabupaten Subang) siap didukung dan mendukung Pelabuhan Internasional Patimban. Selain sebagai tonggak ekonomi saya harap Pelabuhan Patimban mampu memberi dukungan bagi Ibu Kota Negara yang baru." Pungkas Dr. Imran menutup paparannya.

Turut hadir dalam acara tersebut komisaris dan direksi perusahaan, jajarab Kementerian Perhubungan, jajaran KSOP Kelas II Patimban, dan tamu undangan lainnya.

(***)



Deden S Kabiro Subang

Informasi : 
Pemberitaan www.cybernasa.com Bisa Diakses Di Tabloid Metro Lima News Atas Nama Asep Nasa YH Pemimpin Redaksi Cybernasa


Previous Post Next Post

Contact Form