Kunjungan Pj Bupati Subang ke Desa Cupunagara Memberikan Semangat Baru Bagi Para Petani




Cybernasa Subang - Pj. Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd., mengunjungi Desa Cupunagara untuk meninjau langsung berbagai perkebunan yang dikelola oleh warga desa. 
Selasa, 16/07/2024

Dalam kunjungan ini, Pj Bupati melihat secara langsung tanaman tomat, jeruk, timun, cabai, sawi, dan cengkeh yang tumbuh subur di lahan pertanian Desa.

Selama kunjungannya, Pj. Bupati berdiskusi hangat dengan Camat, Kepala Desa, Penyuluh Pertanian dan Abah Cucu, seorang tokoh masyarakat setempat. 

Dr. Imran menyampaikan pesan penting mengenai pentingnya menjaga, mengembangkan, dan tidak mengalihfungsikan lahan perkebunan untuk mempertahankan keseimbangan lingkungan dan sumber daya air. "Pertanian di Desa ini memiliki peran vital dalam menjaga keseimbangan ekosistem dan menyediakan bahan pangan yang berkualitas," Ungkap Dr. Imran.


Dr. Imran juga menekankan pentingnya standarisasi hasil panen agar produk lokal mampu bersaing di pasar Nasional maupun Internasional. Beliau mencontohkan apel dan jeruk dari Tiongkok yang memiliki kualitas yang konsisten. "Kita harus memastikan bahwa hasil panen kita tidak kalah saing dengan buah impor," Tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Pj. Bupati juga membahas potensi besar dari produk kopi lokal. "Jubin kopi yang bagus, yang berkualitas, harus dihasilkan dari buah kopi yang baik," Katanya.

Dr. Imran mengajak para petani untuk fokus pada produksi kopi jenis Arabica dan Robusta yang memiliki pasar besar, "Kopi yang dihasilkan harus benar-benar berkualitas, sehingga bisa diminati oleh konsumen dalam dan luar Negeri," Tambahnya.

Beliau juga menyinggung pentingnya pengembangan produk lokal lainnya seperti tembakau. "Produksi tembakau di sini harus ditingkatkan agar dapat diminati oleh pasar, dan menurutnya, dengan pengolahan yang baik, produk tembakau lokal bisa bersaing dengan produk dari daerah lain." Ujar Pj Bupati

Abah Cucu dalam kesempatan tersebut menyampaikan terkait perlunya perbaikan infrastruktur di Desa Cupunagara, menanggapi penyampaian tersebut, Dr. Imran akan berkoordinasi dengan dinas terkait perihal perbaikan infrastruktur, hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas dan memperlancar distribusi hasil panen dari Desa ke pasar.


Dr. Imran juga menekankan pentingnya menjaga sumber daya air di Desa tersebut, "Desa Cupunagara memiliki banyak mata air yang sangat penting bagi wilayah Jawa Barat. Kita harus menjaga mata air ini untuk memastikan pasokan air yang cukup bagi seluruh wilayah,Beliau juga mengingatkan pentingnya menjaga sungai-sungai yang ada di desa, seperti Sungai Cipunagara, Sungai Ciasem, dan Sungai Cilamaya, yang memiliki sejarah panjang dan nilai penting bagi masyarakat." Katanya.

Kunjungan Pj Bupati ini diharapkan dapat memberikan semangat baru bagi para petani Desa Cupunagara untuk terus menjaga dan meningkatkan kualitas hasil pertanian mereka, serta memperkuat komitmen terhadap pertanian berkelanjutan dan pengembangan produk lokal.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kabid Dinas Pertanian Kabupaten Subang, Camat Cisalak, serta masyarakat Desa Cupunagara.

R***DensKcr & Zal
Previous Post Next Post

Contact Form