MPLS SDN Baranangsiang Kecamatan Tanjungsiang Untuk Mengembangkan Interaksi Positif Antar Siswa Dan Warga Sekolah



Subang Cybernasa :
Mengawali Tahun Ajaran Baru 2024 / 2025,SDN Baranangsiang Kecamatan Tanjungsiang Kabupaten Subang membuka kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS ) yang dimulai dari Tanggal 15 Juli s/d 27 Juli 2024,acara MPLS ini dibuka dan akan ditutup oleh Jaja Junaedi S.Pd.
Selaku Kepala Sekolah.

Di SDN Baranangsiang MPLS Diikuti oleh 23 Peserta Didik Baru terdiri dari 6 (L) dan 17 (P) dan Bapak / Ibu Guru sebagai Panitia Pelaksananya, bertempat di SDN Baranangsiang.



Menurut Keterangan Jaja Junaedi S.Pd. Kepala SDN Baranangsiang
kepada Cybernasa mengatakan,
"MPLS adalah kegiatan pertama masuk sekolah untuk pengenalan program,sarana dan prasarana sekolah,cara belajar,penanaman konsep pengenalan diri, dan pembinaan awal kultur sekolah." Ucapnya.



Kasek Jaja Junaedi S.Pd. memaparkan,MPLS memiliki Tujuan diantaranya :
1. Mengenali potensi diri siswa baru. 
2. Membantu siswa baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah dan sekitarnya, antara lain terhadap aspek keamanan, fasilitas umum, dan sarana prasarana sekolah. 

3. Menumbuhkan motivasi, semangat, dan cara belajar efektif sebagai siswa baru. Mengembangkan interaksi positif antar siswa dan warga sekolah lainnya.

4. Menumbuhkan perilaku positif antara lain kejujuran, kemandirian, sikap saling menghargai, menghormati keanekaragaman dan persatuan, kedisiplinan, hidup bersih dan sehat untuk mewujudkan siswa yang memiliki nilai integritas, etos kerja, dan semangat gotong royong.



Pada kesempatan tersebut Kepala SDN Baranangsiang menjelaskan, pada intinya MPLS di SDN Baranangsiang karena para Murid
merupakan transisi PAUD ke Sekolah Dasar menjadi masa yang penting bagi anak-anak. Mereka akan masuk jenjang pendidikan yang lebih tinggi sekaligus masuk pada lingkungan baru,MPLS bagi peserta didik baru yang secara psikologis juga memasuki jenjang sekolah dengan struktur pembelajaran yang berbeda,terangnya.



Lebih lanjut Kepala SDN  Baranangsiang mengatakan,Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) adalah periode penting bagi siswa baru untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah yang baru.

MPLS juga bertujuan memperkenalkan siswa pada budaya, norma, dan tata tertib sekolah, serta membantu mereka beradaptasi dengan lingkungan dan teman-teman baru,pungkasnya.


Previous Post Next Post

Contact Form