SAMBUT TIM PENILAI DESA WISATA, PJ BUPATI SUBANG INGINKAN DESA WISATA MENDUNIA DENGAN KEARIFAN LOKALNYA




Subang Cybernasa - Penjabat Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si.,MA.Cd menyambut secara langsung kehadiran Dewan Juri Penilaian Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024 di Desa Wisata Edukasi Cisaat,  Kecamatan Ciater, Senin (22/07/2024).

Sesampainya di Desa Wisata Edukasi Cisaat, dewan juri disambut dengan penampilan tari khas Subang yaitu Sisingaan dan Rampak Kendang sebagai wujud rasa hormat dan promosi seni budaya Kabupaten Subang.

Gelaran ADWI 2024 kali ini mengusung tema Desa Wisata menuju Pariwisata Hijau Berkelas Dunia dan Desa Wisata Edukasi Cisaat sudah masuk ke dalam 50 besar ADWI 2024.



Kepala Desa Wisata Edukasi Cisaat Suryana dalam ucapan selamat datangnya mengungkap rasa syukurnya atas Desa Cisaat yang menjadi desa wisata sehingga mampu memberi kehidupan bagi warga desa.

Suryana berjanji sampai kapanpun Cisaat akan teus menjadi desa wisata edukasi tanpa mengubah kultur dan cara hidup masyarakat Desa Cisaat. 
"Sampai kapanpun Cisaat akan tetap menjadi Desa Wisata Edukasi. Ini adalah kehidupan masyarakat dan tidak mengubah kultur apapun."



Acara dilanjutkan dengan penyerahan dokumen portofolio Desa Wisata Edukasi Cisaat oleh Kepala Desa Cisaat kepada Tim Juri ADWI didampingi Ketua Pokdarwis.

Membuka sambutannya Dr. Imran bercerita tentang potensi luar biasa yang dimiliki oleh Kabupaten Subang dan menyatakan Desa Cisaat adalah salah satu potensi wisata yang paling menonjol di Subang.
"Desa Cisaat adalah salah satu dari 22 desa yang sudah terdaftar sebagai desa wisata prioritas di Kabupaten Subang. Kabupaten Subang ini sangat kaya sumber daya alam. Di utara ada wilayah pantai, salah satunya Pantai Pondok Bali yang saat ini masih recovery, daerah tengah yang sangat cocok untuk pertanian, dan di sini daerah selatan yang terkenal dengan perbukitan dan berbatasan langsung dengan Tangkuban Parahu."



Senada dengan Suryana, Dr. Imran berharap Desa Wisata. Edukasi Cisaat mampu mendunia tanpa mengubah atau bahkan meninggalkan kultur dan cara hidup yang masyarakat yang sudah berjalan.
"Saya harap setiap desa wisata bisa menampilkan keunikan sesuai dengan karakternya. Sesuai Pak Kepala Desa tadi jadi apa yang ada di Cisaat ini lah yang akan kita kembangkan dan kita tampilkan."

Selanjutnya Dr. Imran mengaku bahagia karena Desa Wisata Edukasi Cisaat tidak hanya menjadi tempat wisata, tetapi juga sebagai tempat edukasi terkait kelestarian lingkungan terutama bagi anak-anak. Hal tersebut terbukti dengan disediakannya hutan yang dikhususkan bagi wisatawan untuk menanam pohon.
"Ajarkan kepada anak-anak kita untuk peduli dengan lingkungan. Makanya di sini ada hutan yang khusus bagi para tamu atau wisatawan untuk menanam pohon."



Menurut Dr. Imran saat ini dunia wisata Subang tengah menggeliat seiring dengan meningkatnya kunjungan wisatawan ke Subang. Dr. Imran berharap hal tersebut menjadi momentum bagi wisata Subang untuk terus berkembang.
"Sejak awal Desember 2023-Januari 2024 kunjungan wisatawan ke Subang sudah mulai menggeliat bahkan sampai wisatawan luar negeri. Kita berharap aemakin hari jumlah wisatawan yang datang terus bertambah."



Dr. Imran berharap prestasi Desa Cisaat mampu terus berlanjut dan Desa Cisaat mampu menjadi percontohan untuk  desa wisata lain di Kabupaten Subang. Dr. Imran yakin pengelolaan desa wisata yang baik akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat sekitar.
"Saya sangat apresiasi kepada Kemenparekraf yang telah menunjuk dan menetapkan Desa Cisaat ke dalam 50 besar desa wisata nasional. Kami berharap Desa Cisaat tidak sampai hanya 50 besar tapi bisa menjadi unggulan di tingkat nasional dan saya berharap Desa Cisaat menjadi contoh bagi desa-desa lain bagaimana mengelola wisata desa."

Acara dilanjutkan dengan pemaparan terkait kriteria penilaian oleh Praktisi dan Penggerak Desa Wisata Ngelanggeran Sugeng Handoko serta Founder dan Executive Director Desma Center Wiwik Mahdayani.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Disparpora Kabupaten Subang, jajaran ADWI, Perangkat Desa Cisaat, tokoh masyarakat, dan tamu undangan lainnya.

(***)

Daftar Wartawan Kabupaten Subang


Pemimpin Redaksi
-Yusman Heryanto ( Asep Nasa )

Wakil Pemimpin Redaksi
-Endang Haidarsah ( Oki )

- Jangraga Maulana ( Staf Redaksi )
- Gamal Maulana Yusuf ( Redpel )


- Deden Suganda (Kabiro Subang)
- Rizal Setia Permana 
- Jajat Sudrajat
- Mulyana
-Ade Setiawan
- Dedi Suhendi

Informasi : 
Pemberitaan www.cybernasa.com Bisa Diakses Di Tabloid Metro Lima News Atas Nama Asep Nasa YH Pemimpin Redaksi Cybernasa

Previous Post Next Post

Contact Form