Dandim 1430/Konut dan Wakil Bupati Konut Perdana Tanam Jagung Di Matandahi




Konut - Selain gencar melaksanakan kegiatan fisik, personel Satgas TMMD Ke-121 Kodim 1430/Konut juga melaksanakan kegiatan non fisik. Salah satunya berkolaborasi dengan Pemerintah juga berupaya mendorong proyek food estate atau lumbung pangan nasional di sejumlah daerah termasuk di Kabupaten Konawe Utara (Konut) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) juga semakin digenjot program berkelanjutan tersebut,(19/08/24).

Program ketahanan pangan nasional dilakukan dengan memprioritaskan peningkatan ketersediaan, akses, serta kualitas konsumsi pangan.



Hal ini sebagaimana dijelaskan oleh wakil Bupati Konut H.Abu Haera, saat memimpin kegiatan penanaman perdana jagung bersama Kodim 1430/Konut dan kelompok tani (Poktan) Wonua Monapa di Desa Matandahi Kecamatan Motui.

” Program pemerintah terus kita selaraskan dengan program daerah Melalui bidang pertanian, sampai saat ini kita terus tingkatkan sampai pada tingkat pedesaan termasuk ketersedian pangan di daerah,” kata Abu Haera.

Menurutnya, untuk kondisi ketahanan pangan harus memenuhi 4 (empat) komponen, yaitu :
- Kecukupan ketersediaan bahan pangan.
- Stabilitas ketersediaan bahan pangan tanpa fluktuasi dari musim ke musim atau dari tahun ke tahun.
- Aksesibilitas/keterjangkauan terhadap bahan pangan.
- Menekan inflasi dimasa pemulihan ekonomi dan penanganan stunting.

” Selain pembangunan infrastruktur, upaya meningkatkan ketahanan pangan didaerah ini juga dilakukan dengan modernisasi yang saat ini masih terus disosialisasikan kepada para petani. Mulai dari cara penggunaan alat dan mesin pertanian , penggunaan pupuk serta cara pemeliharaan tanaman sehingga dapat meningkatkan kualitas produksi petani,” ujarnya.



Abu Haera menekankan bahwa, Tujuan utama dari ketahanan pangan di desa adalah untuk meningkatkan ketersediaan pangan, keterjangkauan dan konsumsi pangan yang sehat, beragam dan sesuai dengan kebutuhan lokal.

“setidaknya hari ini kita bersama-sama tanam jagung bisa menjaga ketersediaan pangan didesa Matandahi ini, dan tidak menutup kemungkinan hasil panen jagung para petani didesa ini, dapat disuplai ke desa lainnya,” pungkasnya.

Sementara itu masih ditempat yang sama, Dandim 1430/Konut Letkol Arh Pramono S. SOS M. Han menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan TMMD dalam program ketahanan pangan nasional.



” Kegiatan TMMD tahun ini yaitu ada dua, yaitu TMMD air lokasinya di Desa Samasubur kecamatan Motui, sementara di desa Matandahi adalah TMMD ketahanan pangan,” ujarnya.

Kepala Desa Matandahi, Hasrudin Moita mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Utara dan TNI yaitu Kodim 1430/Konut telah mendukung program ketahanan pangan termasuk kegiatan penanaman perdana jagung di wilayahnya.

” mewakili masyarakat , saya ucapkan terima kasih kepada Pemerintah khususnya Pemda Konawe Utara yang terus membantu masyarakat petani di desa ini termasuk pihak TNI yang juga sering membantu mendampingi warga petani didesa ini,” ungkap Hasrudin.

Dikatakan, kegiatan ini kita dibantu benih jagung dan pupuk cair dari Dinas Tanaman Pangan dan Peternakan Konut, sedangkan untuk pengadaan pupuk Ponska padat, kita gunakan Dana Desa yang bersumber dari APBN.

” Mulai perencanaan sampai pada pelaksanaan kegiatan penanaman jagung hari ini, petani kita telah didampingi oleh pihak TNI yakni Kodim 1430/Konut dan pihak penyuluh pertanian,” pungkasnya.

Umar Dany
Previous Post Next Post

Contact Form