Malam Resepsi Kemerdekaan, Pj. Bupati Subang Menyambut Kemerdekaan dengan Semangat Baru dan Kolaborasi Demi Kemajuan Subang

 


Subang - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79, Pemerintah Kabupaten Subang menggelar acara malam resepsi yang berlangsung di Halaman Kantor Bupati Subang. Sabtu, 17 Agustus 2024.

Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan masyarakat, instansi pemerintahan, dan organisasi kemasyarakatan, dengan Pj. Bupati Subang, Dr. Drs. Imran, M.Si., MA.Cd., serta Pj. Ketua TP PKK Kabupaten Subang, Ny. Rosnelly Imran, sebagai tamu kehormatan.



Malam resepsi dimulai dengan Gala Dinner bersama Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dan dilanjutkan dengan penampilan tarian kreasi dari para pelajar Subang yang membuka suasana dengan semangat nasionalisme. Setelah itu, seluruh hadirin bersama-sama menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, sebagai tanda penghormatan dan kebanggaan terhadap tanah air.

Memberi khidmat pada malam tersebut, doa dipimpin oleh Gayus Priyono, S.Ag., M.Sc Kepala KUA Kecamatan Cijambe. Agenda dilanjutkan dengan pembacaan puisi oleh Ketua TP PKK Kecamatan Subang, dan persembahan musikal dari Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Subang, yang juga diikuti oleh Penasehat DWP Kabupaten Subang, Ny. Rosnelly Imran, S.KM.



Serta pemutaran tayangan yang berisikan perjalanan dan prestasi Dr. Imran selama memimpin Kabupaten Subang. Seusai penayangan, Dr. Imran pun memberi penghargaan kepada para insan, perangkat daerah, Kecamatan, desa yang berprestasi, dan apresiasi kepada para sponsorship kegiatan. Di antaranya Juara 1 Tiga Pilar Mabes POLRI tingkat Nasional tahun 2024 kepada Kepala Desa, Bhabinkamtibmas, dan Babinsa Desa Cikujang, dan uang pembinaan Rp. 100.000.000 kepada Tim Persikas Subang yang berhasil lolos ke liga 2 nasional.

Dalam sambutannya, Dr. Imran menekankan pentingnya merayakan kemerdekaan dengan mengingat kontribusi putra-putri terbaik bangsa serta menyambut era baru bagi Indonesia.



Dirinya melanjutkan, pada malam tanggal 16 Agustus, rangkaian peringatan HUT RI dimulai dengan pelaksanaan TAPTU. Menariknya, istilah TAPTU yang merupakan singkatan dari *Penetapan Waktu* ternyata kurang dikenal oleh banyak peserta upacara, termasuk oleh beliau sendiri. "Baru tadi malam kita tahu ternyata TAPTU itu penetapan waktu," ungkap Dr. Imran dengan nada ringan saat menyampaikan sambutannya.

Pj. Bupati Subang juga menyatakan rasa syukur atas kesempatan untuk menghirup udara kemerdekaan yang ke-79 ini. Beliau menyoroti pentingnya memulai berbagai hal baru, termasuk dengan penetapan Ibu Kota Negara yang baru, Nusantara, di Penajam Paser Utara. Menurutnya, pemindahan ibu kota ini merupakan loncatan besar menuju Indonesia Emas 2045.



Selain itu, Dr. Imran menekankan kebanggaannya terhadap pembangunan Ibu Kota Nusantara yang sepenuhnya merupakan hasil karya anak-anak Indonesia. "Ibu kota negara itu adalah hasil murni yang dikerjakan mulai dari desain sampai dengan pembangunan oleh anak-anak Indonesia, bukan dari warisan kolonial" ujarnya.

Tidak hanya itu, Pj. Bupati juga menyoroti kemajuan yang terjadi di Subang, termasuk pembangunan Pelabuhan Internasional Patimban yang juga merupakan karya murni putra-putri terbaik Indonesia. Menurutnya, pelabuhan ini menjadi simbol baru bagi Subang yang diharapkan dapat memacu kemajuan daerah.

Dr. Imran juga menyampaikan apresiasi yang tinggi terhadap kemitraan yang terjalin dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) di Kabupaten Subang. Beliau memuji kerjasama yang luar biasa antara berbagai pemangku kepentingan, termasuk Danlanud, Dandim, Kapolres, Danyonif, Kajari, Ketua Pengadilan Negeri, Ketua Pengadilan Agama, serta instansi vertikal dan organisasi lainnya di Subang. "Saya berharap kita bisa mempertahankan itu. Saya sering menyampaikan, coba kita mulai mencari banyak persamaan dalam pemikiran. Cari yang sama-samanya dulu, yang beda-bedanya itu kita kesampingkan dulu," tegasnya.

Beliau juga menekankan bahwa kolaborasi dan persatuan adalah kunci untuk memajukan Subang ke depan. "Kalau kita asik gontok-gontokkan, asik nyari-nyari kesalahan, jangan harap Subang itu bisa maju ke depan," ujarnya dengan penuh keyakinan. Pj. Bupati berharap bahwa momen 17 Agustus 2024 ini menjadi momen untuk memperkuat kolaborasi, kerjasama, dan *ngahiji* menuju masa depan Subang yang lebih baik.

Dalam penutupannya, Dr. Imran mendoakan seluruh masyarakat Subang agar selalu diberkahi dan diberikan kesehatan oleh Allah SWT dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab masing-masing, baik sebagai pemerintah daerah, pimpinan organisasi kemasyarakatan, pimpinan korporat, maupun sebagai warga masyarakat. "Sehingga Subang ini dari waktu ke waktu semakin maju dan semakin jaya," tutupnya.

Puncak acara peringatan ini ditandai dengan penggunaan pertama kali tiang bendera di Alun-Alun Subang pada upacara 17 Agustus 2024. Pj. Bupati menyampaikan kebahagiaannya bahwa tiang bendera ini dapat selesai tepat waktu, dan diharapkan menjadi ikon baru bagi Subang.

Mengakhiri sambutannya, Dr. Imran juga mengapresiasi prestasi yang telah diraih Subang sepanjang tahun 2024. Beliau menekankan bahwa prestasi ini harus menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kolaborasi dan kerja bersama demi kemajuan Subang.

"Subang akan bisa kita majukan ke depan, dengan kolaborasi dan bersama-sama tanpa membedakan asal, kepercayaan, dan latar belakang," pungkasnya optimis. 



Acara ditutup dengan pemotongan kue sebagai simbolis ungkapan syukur atas HUT ke-79 Kemerdekaan RI, dan dilanjutkan dengan persembahan Tari kreasi oleh para pelajar SMPN 4 Purwadadi.

Malam resepsi ini bukan hanya menjadi ajang silaturahmi, tetapi juga sebagai momentum untuk merefleksikan kembali makna kemerdekaan dan memperkuat persatuan di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Subang. Kebanggaan dan penghargaan yang diberikan dalam acara ini menjadi simbol betapa besarnya cinta terhadap tanah air dan komitmen untuk terus menjaga semangat kemerdekaan di Kabupaten Subang.

(***)



Previous Post Next Post

Contact Form