Peringati HUT RI Ke 79 Tingkat Kabupaten Subang Tahun 2024 , PJ. Bupati Subang Paparkan Peningkatan IPM Subang dalam Wujudkan Cita-cita Indonesia Emas 2045




Cybernsa Subang - PJ. Bupati Subang bertindak sebagai Inspektur Upacara Peringatan HUT RI ke 79 tahun 2024 tingkat Kabupaten Subang yang bertempat di alun-alun Subang. 
Sabtu, 17/08/2024

Peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2024 kali ini mengusung tema “Nusantara Baru, Indonesia Maju”. Pelaksanaan upacara peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Subang tersebut berlangsung khidmat dengan prosesi pengibaran Bendera Merah Putih oleh Paskibraka tingkat Kabupaten Subang.

Adapun yang bertindak sebagai Pengerek bendera adalah Muhammad Revan Rizqiqo Herliawan dari  SMAN 1 Subang; Pembawa Baki Keefa Sylvia Desila dari SMAN 2 Subang; Penerima Bendera M. Zeihan Malik Ibrahim dan SMKN 2 Subang; Pembentang bendera M. Idzam El-Jalaluddin Rummi dari SMAN 1 Subang


Bertindak sebagai Pembaca Naskah Pancasila, AKBP Ariek Indra Sentanu, S.H., S.I.K., M.H. dan Pembaca Naskah UUD 1945 oleh Dandim 0605, Letkol Inf Achmad Zaki,S.Sos., M.M. serta Pembacaan Naskah Proklamasi oleh Ketua DPRD Subang, Narca Sukanda, S.Sos.

Dalam amanatnya, Pj. Bupati Subang menekankan pentingnya mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan. "Semangat seluruh rakyat Indonesia dan para pejuang yang telah bersusah payah mengorbankan jiwa, raga, darah, dan air mata harus terus kita ingat dan kenang sebagai bentuk rasa syukur kita atas rahmat kemerdekaan yang dilimpahkan kepada kita," ujar Dr. Imran.

Tema peringatan HUT Kemerdekaan tahun ini, "Nusantara Baru, Indonesia Maju," disebutkan oleh beliau sebagai dorongan untuk terus maju dengan semangat dan wajah baru, seiring dengan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang merupakan simbol cita-cita Indonesia Emas 2045. Dr. Imran juga menekankan bahwa Subang, dengan pelabuhan Patimban sebagai gerbang IKN, memiliki peran strategis dalam mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi nasional.


Lebih lanjut, Pj. Bupati Subang menyampaikan beberapa capaian pembangunan Kabupaten Subang selama setahun terakhir, di antaranya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang mencapai 70,70%, pertumbuhan ekonomi sebesar 4,64%, serta penurunan angka kemiskinan dan pengangguran. "Ini tentunya menjadi modal kita dalam membangun Subang ke depan agar lebih maju, berdaya saing, dan berkelanjutan," tegasnya.

Dalam rangka menyambut pemilihan kepala daerah yang akan datang, Dr. Imran mengimbau seluruh elemen masyarakat untuk menjaga kondusivitas dan menghindari tindakan anarkis, adu domba, serta penyebaran hoaks. "ASN harus menjaga netralitas, dan masyarakat harus mengedepankan adu ide, gagasan, dan program demi mewujudkan Subang yang lebih baik ke depan," tambahnya.


Pada akhir amanatnya, Pj. Bupati Subang mengapresiasi seluruh elemen masyarakat yang telah bersinergi membangun Kabupaten Subang dan berharap dukungan yang terus berlanjut demi tercapainya visi Subang 2025-2045. Upacara ditutup dengan pekikan "Merdeka!" sebanyak tiga kali yang disambut antusias oleh seluruh peserta upacara. 

Diakhiri dengan persembahan tari kolosal dengan tema 'Subang Ngahiji' dengan para penari Dari SMPN 1 Subang, SMPN 2 Subang, SMPN 3 Subang, SMPN 4 Subang, SMPN 1 Kalijati,  SMPN 4 Purwadadi dan SMAN 1 Purwadadi. Dilanjutkan dengan persembahan Penyanyi Solo oleh Muhamad Rakha Anggara Putra, SLBN Trituna Subang.

Kemudian Pj. Bupati dan Unsur Forkompinda lainnya menyaksikan pidato Presiden secara virtual. 

Turut hadir pada agenda tersebut Unsur Forkopimda Kabupaten Subang, Sekretaris Daerah Kabupaten Subang, Para Asda dan Staf ahli Lingkup Setda Subang, Para Kepala OPD Kabupaten Subang, Para Kabag Lingkup Setda Subang, Para Camat se-Kab. Subang, Para Ketua Ormas; OKP; dan Insan Pers serta Undangan Lainnya.

R***Dens'Kcr & Zal
Previous Post Next Post

Contact Form