Ini Adalah Pemantik Pertumbuhan Ekonomi Subang, Ujar PJ Bupati Subang Dalam Syukuran Akses Patimban





Subang , Penjabat Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si.,MA.Cd hadir secara langsung dalam Syukuran Pembangunan Akses Patimban Industrial Estate, bertempat di Pelabuhan Patimban, 
Kamis (26/09/2024).

Direktur Utama PT Wahana Mitra Semesta Hengki Sidartawan berharap pembangunan akses Patimban Industrial Estate ini mampu menjadi penggerak ekonomi di Kabupaten Subang.
"Semoga ini menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi yang lebih baik bagi Subang bahkan bagi Indonesia,"

Hengki juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Subang atas dukungan yang diberikan sehingga akes Patimban Industrial Estate dapat dibangun yang nantinya akan memberi manfaat bagi Kabupaten Subang.
"Kami sangat bersyukur atas semua partisipasi Pemda Subang dan Pemerintah Pusat yang membuat kami bisa melangkah sejauh ini. Kita akan jadi wadah rumah sebagai kawasan dan akan mendorong teredianya lowongan kerja, meningkatkan kesejahteraan, dan dengan adanya kawasan akan menarik investor untuk berinvestasi."



Membuka sambutannya Dr. Imran mengucapkan selamat bukan hanya atas dibangunnya akses Patimban Industrial Estate tetapi jugas atas ditetapkannya Patimban sebagai Kawasan Ekonomi Khusus yang akan mengakselerasi kemajuan Patimban dan perekonomian Kabupaten Subang.
"Selamat kepada PT Wahana Mitra Semesta yang 2 hari ditetapkan menjadi KEK di wilayah Kabupaten Subang. Kalau Patimban ini tidak dijadikan KEK saya tidak optimis Pelabuhan Patimban akan terakselerasi dengan baik. Kita harus kelola Pelabuhan Patimban dengan lebih baik dan salah satunya menjadikannya KEK,"



Pada kesempatan tersebut Dr. Imran juga menuturkan Kabupaten Subang tidak hanya memiliki 1 tetapi 2 Kawasan Ekonomi Khusus yang diharapkan mampu mendongkrak perekonomian Kabupaten Subang agar bisa setara bahkan lebih baik dari daerah lain terlebih Subang memiliki potensi yang tidak dimiliki daerah lain.
"Alhamdulillah kita Subang punya 2 KEK. Saya harap dengan munculnya 2 KEK akan berdampak signifikan terhadap pembangunan di Kabupaten Subang dengan segala potensinya yang pertumbuhan ekonominya belum maksimal. Kita kalah dari daerah yang potensinya tidak sebesar Subang. Makanya saya berharap dengan munculnya KEK dapat memantik munculnya kawasan ekonomi baru di Kabupaten Subang,"

Dr. Imran mengakui membangun suatu daerah memang bukan pekerjaan mudah tetapi dengan upaya dan kerja bersama hal tersebut tidak mustahil diwujudkan.
"Memang tidak mudah. Perkembangan suatu daerah itu harus dimulai dari perubahan mentalitas Pemerintahan dan masyarakatnya menjadi mental petarunt atau kompetitif. Di sisi lain performance dan behaviour juga harus berubah,"

Dr. Imran selanjutnya menyampaikan harapannya agar pembangunan kawasan tidak hanya memantik pertumbuhan kawasan tetapi juga memantik pertumbuhan dan perkembangan area di sekitarnya sehingga terjadi sinergi dan keselarasan pembangunan yang nantinya dapat menjadi jawaban atas berbagai persoalan mulai dari penyerapan tenaga kerja hingga pemberdayaan BUMD.
"Saya sangat berharap dengan munculnya kawasan ini area di sekitarnya bisa terbangun secara signifikan. Kawasan ekonomi dan industri kalau tidak didukung pertanian juga repot. Belum kawasan pendukung terkait kesehatan, air, dan perumahan. Semoga dengan munculnya Patimban Industrial Estate akan memeprmudah akses meningkatkan perekonomian yang akan memberi solusi bagi berbagai permasalahan mulai dari ketenagakerjaan, pemberdayaan BUMD, dan peningkatan ekonomi,"

Terakhir Dr. Imran menceritakan inisiatifnya yang mengundang seluruh pasangan calon bupati wakil bupati Subang guna berbagi informasi terkait apa yang telah, tengah, dan akan dilaksanakan di Subang agar nanti siapapun yang terpilih dapat meneruskan program yang telah dilakukan.
"Siapapun yang terpilih mudah-mudahan bisa melanjutkan apa yang sudah kita lakukan. Makanya kemarin saya undang karena semua paslon yarus paham betul upaya keras yang kita lakukan hingga saat ini." Pungkas Dr. Imran.

Acara dilanjutkan dengan prosesi syukuran oleh Penjabat Bupati Subang, jajaran PT Wahana Mitra Semesta, dan Staf Utama Kementerian Perhubungan Bidang Transportasi Laut dan Logistik Maritim R. Agus H. Purnomo. 

Turut hadir dalam acara tersebut Dandim 0605 Subang, para Asisten Daerah, Kepala OPD, Forkopimcam Pusakanagara, dan tamu undangan lainnya.

***



Previous Post Next Post

Contact Form