Oki Haidarsyah Pembina Ormas GRIB Tanjungsiang Modern : Setiap PAC Perlu Edukasi dan Bimbingan Dalam Menghalau Era Modern




Subang - Terkait pembentukan PAC di Kecamatan Tanjungsiang Oki Haidarsyah Pembina Ormas GRIB menuturkan,Lahirnya organisasi masyarakat Gerakan Indonesia Bersatu ( Ormas GRIB) Jaya,bisa memberi dampak sosial yang signifikan,dan jangan sebaliknya,karena Ormas GRIB adalah lahir dari simpatisan masyarakat dan relawan yang tumbuh dan hidup di tengah masyarakat kental dengan kehidupan sosial kemasyarakatan,ucapnya Selasa 10/09/2024.

Lebih lanjut Oki mengatakan,Perlu menjunjung tinggi kultur dan kearifan lokal serta di terima dan hidup di masyarakat sebagai corong publik dan bisa menampung dan menyampaikan aspirasi masyarakat agar hak warga bisa tersalurkan dengan cara-cara yang bermoral dan jauh dari sipat anarkisme.

Mampukah Ormas GRIB sebagai corong publik? Pertanyaan yang sering di lontarkan oleh beberapa pihak dan beberapa kalangan masyarakat,  
ini perlu dukungan bimbingan, pembinaan dari semua pihak dan butuh proses serta tergantung niatnya dari pada  kader dan simpatisan GRIB itu sebdiri.Perlu super visi dan ngerti arti  sebuah Ormas yang sebenarnya,imbuh Oki.

Masih tutur Oki Pembina GRIB,berbagai latar belakang dan karakteristik  yang jadi anggota Ormas tidak serta merta beban ini di titik beratkan pada leader di tiap kecamatan,tapi ini  ini harus menjadi tanggung jawab semua dari pengurus struktural dan paling penting membangun mentalitas para anggotanya, perlu ketegasan dan memiliki komitmen dari ketua yang ada di Pimpinan Anak Cabang (PAC) serta bersinergis dengan para ranting yang ada di desanya masing-masing,agar benar- benar satu komando dalam hal yang positif. 

Ketua PAC  harus cermat dalam menyatukan persepsi dan menyampaikan informasi  yang utuh dan objektif di setiap aspek. Agar pungsi pemimpinya benar-benar bisa di teladani oleh bawahnya.

Tolak Ormas GRIB yang anarkisme dan berbau premanisme  tolak bentuk kekerasan apapun. Kita negara hukum dan sebagai budaya adat timur. Jangan mencari kita untuk di takuti dan untuk di hormati tapi Ormas GRIB yang kita junjung dengan satu komando  carilah kita untuk bisa di terima oleh semua lapisan masyarakat.Jadilah Ormas GRIB dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat dan tetap merakyat.

Apa benar Ormas bisa kontrol 
( pengawasan ) dalam kegiatan  pembangunan di daerah yang di lakukan oleh pemerintahan desa ?

Tentu jawabnya boleh! Peran Ormas yang berangkat dari simpatisan masyarakat sangat di butuhkan  dalam mengontrol  dan wajib mengetahui kegiatan pembangunan yang di lakukan oleh pemerintahan baik desa maupun pemerintah kabupaten dan kota karena uang yang di gunakan oleh pemerintah  adalah uang yang bersumber dari  rakyat. Dan wajib pemerintah memberikan informasi terhadap masyarakat termasuk kita Ormas "  

Dengan adanya keterbukaan informasi publik merupakan bentuk transparansi publik dalam memonitoring kegiatan pemerintah baik pisik maupun non pisik.

Tapi pengawasannya harus yang profesional dan proporsional  terutama Ormas harus patuh terhadap anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Ormas,pungkas Oki Haidarsyah Pembina Ormas Tanjungsiang.




Previous Post Next Post

Contact Form