PJ BUPATI SUBANG: FONDASI EKONOMI SUBANG HARUS KUAT




Subang - Penjabat Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si.,MA.Cd didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Subang H. Asep Nuroni, S.Sos.,M.Si hadir dan membuka secara langsung Rapat Pleno Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Subang Tahun 2024, bertempat di Hotel Nalendra Subang, Selasa (24/09/2024).

Asisten Daerah bidang Perekonomian dan Pembangunan H. Hidayat, S.Ag.,M.Si dalam laporannya menuturkan tujuan program kerja TPAKD Kabupaten Subang adalah untuk memastikan terwujudnya ketersediaan akses keuangan seluas-luasnya sekaligus mendorong peningkatan peran industri jasa keuangan yang semuanya demi peningkatan kesejateraan masyarakat.



Iman Kadarusman Nugraha Analis Senior Fungsi Kemitraan Pemda-OJK Jawa Barat sekaligus Sekretrais II TPAKD Kabupaten Subang pada kesempatan tersebut menuturkan fungsi TPAKD adalah sebagai forum koordinasi Pemda Subang dengan OJK, lembaga keuangan bank dan non bank terkait bagaimana caranya agar akses keuangan dapat terbuka seluas-luasnya kepada masyarakat.

Mengawali sambutannya Dr. Imran menekankan aksesibilitas keuangan sangat diperlukan demi pertumbuhan ekonomi suatu daerah.
"Pertumbuhan ekonomi suatu daerah berbanding lurus dengan investasi dan aksesibilitas untuk keuangan bagi masyarakat lebih lancar."

Dr. Imran mengungkapkan seharusnya Kabupaten Subang menguatkan fondasi perekonomian melalui potensi yang ada dengan memudahkan aksesibilitas keuangan bagi dua sektor utama di Subang yaitu pertanian dan peternakan.
"Fondasi di Subang itu sektor pertanian dan peternakan. Makanya akses keuangan kepada petani dan peternak dipermudah. Selain aksesibilitas kita juga harus meningkatkan literasi terkait siapa yang harus mendapat akses keuangan."



Dr. Imran mengingatkan sektor pariwisata tidak selamanya bisa diandalkan sebagai pendongkrak perekonomian sehingga harus fondasi yang ada harus diperkuat bahkan harus mampu membuat generasi muda tertarik untuk menjadi petani maupun peternak.
"Tidak selamanya pariwisata akan mampu mendongkrak perekonomian suatu daerah tanpa fondasi yang kuat. Dengan metode yang kita lakukan akan lebih menjamin petani peternak percaya diri termasuk anak-anak muda kita."

Dr. Imran berharap dengan langkah yang tepat nantinya akan muncul jagoan-jagoan di sektor pertanian dan peternakan di Kabupaten Subang yang mampu menjadi basis ekonomi Kabupaten Subang.
"Saya ingin nantinya ada jagoan kita dari sektor pertanian dan peternakan sehingga nanti muncul basis pertanian dan peternakan yang bisa menjadi basis perekonomian Subang." 

Menutup sambutannya Dr. Imran secara resmi membuka Rapat Pleno Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Kabupaten Subang Tahun 2024.

Turut hadir dalam acara tersebut Anggota TPAKD Kabupaten Subang, Pihak Perbankan, dan tamu undangan lainnya.

***



Previous Post Next Post

Contact Form