Pj Bupati Subang Hadiri Undangan Opening Ceremony PON XXI di Aceh: Edisi PON Terbesar Sepanjang Sejarah




Subang - Penjabat Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si. MA.Cd., beserta istri Ny. Rosnelly Imran, S.K.M., menghadiri undangan pembukaan seremonial (opening ceremony) PON XXI Aceh-Sumut 2024 yang berlangsung di Stadion Harapan Bangsa, Kota Banda Aceh. Senin, (9/9/2024). 

Acara yang diselenggarakan bersamaan dengan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ini turut dihadiri oleh Presiden RI Ir. H. Joko Widodo. 

Acara yang dilaksanakan di dua tempat yakni Aceh dan Sumatera Utara ini menjadi perhelatan PON terbesar sepanjang sejarah dengan keikutsertaan 13.000 atlet dan 6.000 official.

Antusiasme masyarakat yang tinggi tergambarkan dari Stadion Harapan Bangsa yang berkapasitas 14.000 orang dibanjiri oleh masyarakat yang ingin menonton Pembukaan Seremonial kompetisi olahraga terbesar di tanah air.



Acara dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dibawakan oleh penyanyi Tiara Andini, dilanjut dengan Hymne Aceh dan Mars PON.

Selanjutnya, lantunan ayat suci Al-Quran Surah Ali Imran ayat 133-134 dilantunkan dengan khidmat oleh Muhammad Ahsin yang merupakan Juara 2 Qori Cabang Tilawah pada MTQ Internasional di Aljazair tahun 2022. Tak berselang lama, tamu undangan dan seluruh hadirin disajikan tarian Aceh Seumapa.

Pemutaran ‘theme song’ PON XXI Aceh-Sumut 2024 menjadi pembuka rangkaian defile kontingen PON XXI yang diikuti oleh perwakilan para atlet dan ofisial dari seluruh Indonesia, dimulai dari para wasit dan ditutup oleh para atlet dari tuan rumah Provinsi Sumatra Utara dan Aceh.

Pada momen yang penuh khidmat, bendera Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dikibarkan diiringi dengan Hymne PON, disusul dengan pembacaan janji atlet oleh peraih emas cabang panjat tebing Olimpiade Paris 2024, Veddriq Leonardo, serta janji wasit oleh wasit cabang olahraga menembak, K.S. Hendry Oka.

Tak lupa penayangan video “The Lights of Aceh” yang menampilkan beragam kekayaan alam dan kebudayaan Aceh. 

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengucapkan terima kasih ‘teurimong gaseh’ kepada Pemerintah dan seluruh masyarakat Aceh yang menjadi tuan rumah PON XXI.

Ia mengungkapkan bahwa ajang Pekan Olahraga Nasional ini bertujuan untuk melahirkan atlet-atlet terbaik bangsa yang bisa berkompetisi di kancah dunia.

“PON ini adalah ajang untuk melahirkan lebih banyak atlet terbaik bangsa, atlet pemecah rekor, atlet peraih medali emas”, ujarnya.

Presiden Jokowi mengajak untuk menjadikan acara ini untuk mempersatukan dan menperkokoh tali persaudaraan sebagai sebuah bangsa. Ia menekankan untuk semuanya agar memegang teguh sportifitas dan ‘fairplay’ dalam bertanding.



Prosesi penyalaan kaldron api PON XXI Tahun 2024 dan sejumlah pertunjukan kesenian serta pertunjukan kembang api yang menghiasi langit Banda Aceh menjadi penutup acara peresmian pembukaan PON kali ini.

Pj. Bupati Subang mengungkapkan Kabupaten Subang turut mengirimkan 37 atlet yang akan bertanding mewakili Jawa Barat. Ia juga menyatakan dukungan penuh Pemerintah Kabupaten Subang, KONI Kabupaten Subang maupun seluruh warga Subang kepada atlet yang berlaga.

Dr. Imran berharap para atlet dapat menorehkan prestasi terbaiknya sehingga bisa mengharumkan nama Jawa Barat dan Kabupaten Subang di kancah nasional. Selain itu juga ia berharap Pemerintah dan masyarakat Aceh mendapat manfaat selama menjadi tuan rumah PON pertama kalinya ini.

Terakhir, Pj. Bupati Subang berharap Jawa Barat bisa ‘Hattrick’ dalam perhelatan PON XXI Aceh-Sumut 2024.
 
Sementara itu, di Sumut ‘opening ceremony’ PON XXI akan berpusat di Stadion Baharuddin Siregar, Lubuk Pakam, Kabupaten Deli Serdang, Sumut.

Turut hadir mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam acara tersebut adalah Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy beserta istri, Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo, Ketua Koni Pusat Letjen TNI (Purn) Marciano Norman, Pj. Gubernur Aceh Safrisal ZA beserta istri, dan Pj. Gubernur Sumatra Utara Agus Fatoni. Tampak hadir pula sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju dan para pimpinan lembaga tinggi negara.

***




Previous Post Next Post

Contact Form