Upayakan Pembangunan Yang Berkelanjutan Pada Sektor Pertanian, Pj. Bupati Himbau Seluruh Stakelholder Siasati Musim Kemarau




Subang - PJ. Bupati Subang Dr. Drs. Imran, M.Si. MA.cd memimpin briefing staf bersama para kepala OPD dan para camat se-Kabupaten Subang di Ruang Rapat Bupati. Kamis (12/9/24).

Mengawali sambutannya Pj. Bupati Subang mengapresiasi seluruh kinerja yang telah dilakukan stakeholder dalam menyikapi ragam persoalan Subang.
 
Selanjutnya Ia mengimbau kepada seluruh Camat di Kabupaten Subang untuk terus berkoordinasi dalam menghadapi ragam potensi bencana pada musim kemarau.
"Dari BMKG dan BPBD, Karena kita belum bisa memprediksikan musim kemarau berakhir"




Melihat dampak besar dari kekeringan pada sektor pertanian, Pj. Bupati juga meminta kepada para camat untuk memvalidasi data areal yang terdampak dari musim kemarau.
"kepada para camat mendata betul dampak dari kemarau ini, terkait kekeringan, kita memiliki areal sawah luas"

Ia juga menyampaikan bahwa upaya yang telah dilakukan untuk mensiasati kekeringan belum maksimal, dikarenakan keterbatasan sumber daya air 
"Langkah langkah untuk penanganan kekeringan sudah kita lakukan sampaikan kepada masyarakat tetapi kita tidak maksimal lakukan karena sumber air terbatas"

Ia berharap masyarakat Subang bijak dalam menggunakan air hingga mampu efisien dan efektif hingga musim penghujan tiba. Sudah sangat disadari bahwa infrastruktur aliran air diperlukan normalisasi dan pembiasaan prilaku sadar kebersihan lingkungan 
"perilaku masyarakat kita masih buang sampah dan terakhir karena bencana alam"

Ia  berpesan agar para petani saling berkoordinasi memanfaatkan aliran irigasi karena panen akan segera tiba, jngan sampai gagal karena kekeringan melanda.
"Tolong disosialiskakn kepada seluruh petani yang ada di Subang untuk sama sama menyelamatkan waktu panen"

Berkaitan dengan arah pembangunan Subang kedepan ia mendorong agar peraturan daerah (Perda) Rencanan Tata Ruang Wilayah (RTRW) agar investasi yang diharapkan sesuai dengan kondisi wilayah Subang,
"Saya minta ketika sudah muncul RTRW dalam waktu bersamaan juga di tahun 2025 kita sudah mulai mengimplementasi dan review terus untuk menyempurnakan RTRW kita kedepan"

Ia pun memberikan arahan berkaitan dengan Pajak Bumi Bangunan (PBB) agar selaras dengan ketentuan Mal Pelayanan Publik (MPP) baik secara administratif ataupun praksis sehingga menunjang baik pada pembangunan Subang.

Turut hadir Para Asda, Staf Ahli lingkup Setda Subang, Para Kepala OPD, Seluruh Camat se Kabupaten Subang.

***




Previous Post Next Post

Contact Form